Januari 09, 2023

KETIKA KITA TIDAK TAHU KEBIASAAN APA YANG MEMUTUS MASA HIDUP KITA

Kira-kira kebiasaan apa yang ketika sedang kita kerjakan, tiba-tiba waktu azal itu datang? 
Kebiasaan shalat subuh berjamaahnya kah. Kebiasaan baca ratib al-hadadnya kah?shalat tepat waktunya kah? Kebiasaan sedekah subuhnya kah? Kebiasaan istighfar minimal seribu kalinya kah? Kebiasaan bershalawat dua ribu kali perharinya kah? Atau jangan-jangan kebalikannya. Ketika azal tiba, kita sedang tertidur nyenyak. Sama sekali tidak mendenger adzan subuh. Sama sekali lupa untuk beristighfar dan sedekah pagi. Ketika sedang futur, sampai-sampai bershalawat pun lupa. Berdoa pun enggan. Naudzubillah. 

Kira-kira kebiasaan apa yang ketika sedang kita kerjakan, bersamaan dengan jadwal malaikat izrail itu bertamu ke rumah kita? Kebiasaan puasa sunnah senin kamisnya kah? Kebiasaan tilawah qur'annya kah?al-kahfinya, al-mulk nya, al-waqiahnya, yaasiin nya. Kebiasaan duduk di pengajiannya kah? Kebiasaan tahajud-duha nya kah? Atau jangan-jangan ketika izrail bertamu, kita sedang malas-malasnya. Shalat di ujung waktu. Pun dengan tergesa-gesa. Atau malah sedang asik bergibah dengan tetangga sebelah. Malah sedang asik like post koment social media. Malah sedang bersenda gurau tertawa-tawa. Sedang bengong memikirkan masa depan. Bengong meratapi perasaan. Naudzubillah.

Ketika kita masih menerka-nerka, kira-kira kita lagi ngapain ketika masa hidup kita berakhir. Karena kita tidak tahu kapan, tidak tahu dimana, tidak tahu tempatnya, tidak tahu dengan cara apa. Sedangkan setiap harinya pasti berdoa agar bisa meninggalkan dunia dengan husnul khatimah. Dengan akhir yang baik. Sedangkan setiap harinya pasti berdoa agar memiliki kehidupan yang baik di dunia maupun akhirat. Sedangkan kematian adalah pasti terjadi. 

@azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)