Mei 14, 2021

KAKEK DERMAWAN

Seorang kakek, hamba Allah yang soleh. Yang masih semangat shalat jum'at berjamaah.  Meski berjalan sudah tertatih menggunakan tongkat (sekaligus kursi untuk digunakan ketika shalat.)

Selepas shalat, kakek tersebut menghampiri anak kecil yang ikut shalat berjamaah dengan ayahnya.

Sang kakek menegur dan bertanya sederhana, entah tentang apa karena tidak terdengar. Mungkin soal puasa kemarin. Selepas itu sang kakek mengeluarkan beberapa lembar uang pecahan lima ribuan untuk anak kecil tersebut. 

Kejadian itu berulang sama persis hingga beberapa anak.

Melihat moment indah itu, tetiba teringat hamba allah lain di kampung tempat saya tinggal. Belasan tahun ke belakang. Dulu sewaktu masih kecil ada seorang kakek juga yang sangat hangat kepada anak-anak kecil. Sama dermawannya. Suka berbagi lembaran rupiah. Membuat kami sebagai anak kecil gembira hatinya di saat itu.

Teruntuk kakek yang saya temui hari ini, semoga Allah selalu berkahi sisa umurnya dalam ketaatan. Dalam kenyamanan beribadah di masa tuanya. Selalu dimudahkan dalam shalat berjamaah. 

Sedangkan teruntuk kakek di kampung saya dulu. Semoga Allah senantiasa melapangkan barzah beliau dengan ditemani amalan-amalan soleh semasa hidupnya.

Aamiin ya Rabbal 'alamin.

#kisahjumat
#masjidAs-sofia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)