Oktober 02, 2017

SETELAH BERUSAHA & BERDOA

Setelah berusaha, bukan berarti segalanya menjadi terwujud sesuai dengan asa. Adakalanya, ada waktu-waktu semua itu, hasilnya di luar rencana. Jauh dari perhitungan. Boleh jadi, hasil yang lebih baik itu jauh-jauh hari sudah di tetapkan. Hanya saja, kita butuh usaha lebih dan banyak kesabaran.

Setelah berdoa, bukan berarti saat itu juga segalanya menjadi lebih mudah. Adakalanya, ada waktu-waktu doa-doa itu terasa belum juga dikabulkan. Menanti cemas kapan kabar baik itu akan datang. Boleh jadi, ketika sudah jenuh berdoa, justru semakin jauh dari apa yang sudah disiapkan sebagai penggantinya. Jika memang yang kita minta dalam doa, memang bukan ditakdirkan menjadi milik kita.

Untuk itu, sekalipun terasa lelah, pun jenuh. Tetaplah, jangan berhenti berusaha. Jangan sampai putus berdoa. Karena kita tidak pernah tahu, kebaikan macam apa yang sedang menunggu di depan. Karena doa dan usaha kita. Pun kita tidak akan tahu, keburukan macam apa yang akan terjadi kemudian. Jika kita memutuskan berhenti untuk berdoa. Berhenti untuk berusaha.

Karena tidak ada yang bisa mengubah takdir, selain dengan doa.

azura-zie.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)