November 11, 2019

LETAKNYA NIAT

Letaknya niat itu di dalam hati. Maka, bisa dianggap sah dan ada nilai dalam perbuatannya. Jika sudah begitu akan ada hasil dan dampak baik setelah mengerjakannya.

Mendidik niat dengan baik, boleh jadi yang terbaik ada dalam ritual shalat kita. Sebab ketika niat dalam hati dan takbiraratul ihram, sudah tentu setelahnya seluruh anggota badan lain akan sungguh-sungguh menunaikan rukun-rukun dan sunnah yang berkaitan dalam shalat.

Karena niat pula, kita jadi terbiasa terpanggil untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim tiap-tiap waktunya. Meski harus bangun lebih dini hari untuk shalat shubuh, misalnya. Atau sebagaimana yang kita ketahui bersama tentang sebuah kekuatan niat untuk seseorang yang menunaikan puasa.

Sungguh betapa pentingnya andil sebuah niat dalam keseharian kita. Karena menjadi penggerak untuk lebih sungguh-sungguh dalam memenuhi segala yang kita harapkan. Apa-apa yang kita sedang butuhkan.

Maka, periksalah kembali segala niat baikmu selama ini untuk menuntaskan sesuatu. Yang memang sudah jauh-jauh hari ingin kamu capai. Jangan-jangan selalu terasa ‘jalan di tempat’ karena niatnya baru sekadar dalam pikiran, belum teguh dan sungguh-sungguh di dalam hati. Jangan-jangan niat-niat itu tidak maju-maju karena cuma menjadi sebatas rencana, hingga seringkali berakhir hanya menjadi wacana.

Periksa kembali letak niatmu, sudah sungguh-sungguh terucap di dalam hati. Atau baru sekadar angan-angan dalam pikiran. Semoga dengan begitu, setelah ini ada energi positif yang tiba-tiba menyalakan kembali harapan-harapan itu. Menumbuhkan kembali semangat itu. Untuk menuntas kan kembali dengan usaha yang paling maksimal, segala sesuatu yang pernah dimulai atau memang baru akan dikerjaan. Hingga pada akhirnya bisa benar-benar tercapai sesuai dengan harapan.

@azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)