November 23, 2019

NILAI HARGA

Tiap-tiap sesuatu ada nilai harganya. Baik yang bersifat materi maupun non materi. Penilaiannya tidak selalu bergantung dengan label, struk, daftar harga ataupun istilah lainnya sebagai informasi sesuatu itu ada nilainya. Terkadang bentuk penilaiannya sesuai dengan keadaan atau sesuai dengan kebutuhan kita. Mungkin sesuatu yang kita sedang genggam, kita pikir amat besar nilai harganya. Sedangkan di mata orang lain sesuatu itu biasa saja. Sebab, ia sedang tidak membutuhkan di saat itu. Atau sebaliknya, sesuatu yang dianggap orang lain nilainya biasa saja, karena kita sangat butuh itu, sesuatu yang orang lain miliki itu jadi sesuatu yang sangat berharga. Boleh jadi kita rela mengeluarkan berapapun materi untuk mendapatkannya. Rela menukarnya dengan apa saja.

Tiap-tiap sesuatu ada nilai harganya. Tepatnya di saat kita sedang benar-benar membutuhkannya. Besar kecil sudah bukan jadi ukuran di saat itu, tetapi nilai kegunaan yang lebih diutamakan. Banyak contoh sederhana, sesuatu yang awalnya kita anggap remeh, tapi suatu ketika jadi ‘bumerang’ untuk kita karena pernah kita abaikan. Kesehatan, misalnya. Perkara tidak bisa buang angin saja bisa jadi masalah yang besar. Padahal sebelumnya bisa jadi kita merasa risih kalau ada yang buang angin sembarangan di tempat umum. Merasa risih dengan bau yang kita sendiri keluarkan.

Tiap-tiap sesuatu ada nilai harganya. Dan cara bijak untuk menghargai segala sesuatu itu dengan bersyukur. Agar segala sesutu itu nilainya tetap terjaga. Dalam keadaan lapang atau di saat benar-benar sedang kita butuhkan.

Dan sesuatu yang sering kita abaikan tentang nilai harganya adalah : Kesehatan dan Waktu Luang.

@azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)