Januari 01, 2021

30HBC2101 - BUKU CATATAN

Alif, dan si kembar Sin-Shin terlihat masih sibuk menyampul buku baru mereka. Kalau Alif lebih suka sampul berwarna cokelat seperti biasa. Sedangkan si kembar lebih kreatif, warna sampul di sesuaikan dengan jadwal pelajaran yang mereka tempel di dinding kamar. Senin, dengan mata pelajaran matematika dengan buku bersampul warna merah. Selasa, dengan mata pelajaran bahasa inggris, bersampul warna hijau muda. Dan seterusnya berbeda-beda untuk mata pelajaran dan hari-hari lainnya.

"Masih banyak buku yang belum disampulnya, dek?" Tanya Kalam sembari lewat ke dapur untuk menyimpan piring dan gelas, sehabis makan.

"Punya Alif, tinggal satu buku, Kak. Habis itu tinggal dikasih nama deh." Jawab Alif dengan menoleh ke kakaknya lebih dulu.

"Sin tinggal dua hari lagi." Sin ikut memberi laporan, memang buku yang belum dia sampul tinggal buku-buku mata pelajaran jum'at dan sabtu saja.

"Iya tinggal dua hari". Shin pun ikut menimpali.

Kalam mengangguk senyum. 
"Kalau sudah selesai dan diberi nama, Alif, Sin dan Shin, harus siap juga untuk bertanggungjawabnya, ya." 

Alif mengangguk paham. Sepenuh hati mengerti yang dimaksud kakaknya. Sin dan Shin sebenarnya juga paham sudah dijelaskan oleh Alif. Hanya mereka masih saja grogi saling melirik satu sama lain.

Kemarin, setelah shalat maghrib berjamaah, seperti biasa keluarga Abah Tanwin mengadakan pengajian sederhana di mushola keluarga mereka. Tema yang dibahas saat itu tentang: buku catatan amal.

Untuk memudahkan pemahaman Alif, Kalam menganalogikan buku catatan amal seperti buku sekolah Alif yang baru. Setelah buku tersebut diberi nama, tentang isi buku, coretan apa saja, dan tentang nilai yang akan diperoleh. Nama yang tertera di buku tersebutlah yang akan bertanggung jawab dan merasakan apresiasinya. Ketika nilainya bagus ia akan merasa bahagia. Ketika nilainya buruk ia juga yang akan merasa malu.

Dan Alhamdulillah Alif memahami penjelasan kakaknya itu.

@30haribercerita 
#30hbc2101 
#30haribercerita 
#epipremnumpinnatum 
#sirihgadinghijau 
#uploadkompakan 
#kampushijaiah 
#plantsmakepeoplehappy 
#plantsofinstagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)