April 05, 2022

GENERASI TARAWIH

Hi, sobat. Bagaimana tarawih malam kedua? Shafnya sudah maju berapa baris? Hmm, mari berazam jangan sampai jadi golongan yang cuma mencicipi tarawih malam pertama aja. Malam sisanya berkeliaran di mana-mana. Hehe...Yang tersisa tinggal generasi orang-orang tempo doelou. Seperti yang udah-udah.

Sobat, sadarkah kamu. Tarawih itu, bisa jadi renungan betapa cepatnya melesat waktu. Generasi-generasi silih berganti. Generasi kakek kita udah lewat jauh. Tinggal satu-dua yang masih diberi umur panjang. Yang masih diberi kemampuan shalat berjamaah.

Generasi bapak-paman kita pun mungkin tinggal setengahnya. Sampai generasi kita sendiri sudah jadi orangtua. Generasi sudah mulai gendong anak sendiri buat ikutan ke masjid. Saking melesatnya waktu sampai bocah-bocah yang gaduh lari-larian di belakang pun udah kita nggak tahu lagi itu bocah anak siapa.

Coba deh, tengok kanan-kiri.  Depan-belakang. Generasi kita sendiri pun sudah banyak berkurang. Apalagi generasi di atas umur kita.Tidak adalagi bapak fulan bin fulan yang paling semangat menjawab bacaan bilal tarawih. Tidak adalagi bapak fulan bin fulan yang jadi tukang ngomelin bocah yang berisik. Dan fulan bin fulan lain yang pada masanya ikut meramaikan masjid.Lebih sedihnya, fulan bin fulan yang sudah nggak ada itu, bukan sekadar orang lain yang kita kenal. Mereka saudara-saudara kita sendiri. Guru kita sendiri. Atau bahkan orang tua kita sendiri.

Kalau diingat-ingat soal itu kan jadi rada sedih ya. Tahun ini, alhamdulillah kita masih di izinkan bertemu Ramadhan. Tahun depan bisa jadi kita yang dicariin sama orang lain karena udah nggak keliatan ada di masjid lagi.Makanya, getolin lagi deh tarawihnya. Sempatkan diri ya.

Realeted nih dengan tulisan @irmaliswt di bawah ini :

"Bagi sebagian orang bulan Ramadhan menjadi bulan yang menyenangkan sekaligus menyedihkan.Menyenangkan karena begitu banyak rahmat dan ampunan Allah. Menyedihkan karena orang yang ia cintai telah tiada."

@azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)