Januari 06, 2024

TEMPAT YANG MENJADI SAKSI SUJUD



يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَا رَهَا 
"Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,"
(QS. Az-Zalzalah 99: Ayat 4)

Alangkah beruntungnya apabila yang diberitakan oleh bumi adalah seberapa banyak tempat yang pernah kita pakai untuk bersujud. Makanya, ketika sedang melakukan perjalanan yang apalagi jarak tempuhnya jauh, sebaiknya sempatkan diri untuk mampir ke masjid-masjid yang kita lewati. Agar kita punya sejarah semasa hidup pernah shalat di masjid A sampai masjid Z. Lebih beruntung lagi shalatnya berjamaah dengan orang-orang yang tidak pernah kita kenal sebelumnya. Jamaah transit yang sama-sama menumpang shalat di masjid itu. Beruntung, kita memiliki saksi hidup yang banyak nanti. 

Atau bisa juga mulai diperhatikan sudut-sudut rumahmu yang belum pernah digelar sajadah di atasnya. Agar di rumahmu tidak hanya ada satu sudut yang pernah dipakai untuk tempat shalat. Tentu perlu diperhatikan juga soal kebersihan atau layak atau tidaknya shalat di sana. 

Karena hal ini juga, maka sangat dianjurkan ketika sehabis shalat fardu untuk menggeser atau berpindah tempat ketika hendak melanjutkan dengan shalat sunnah ba'diyah setelahnya. 

Besar harapan kita semua, semoga kelak apa yang diberitakan oleh bumi adalah tentang lebih banyak tempat-tempat yang baik yang pernah kita gunakan untuk beribadah. Bukan sebaliknya yang kita gunakan untuk tempat bersenda gurau atau lalai. 

@30haribercerita 
#30hbc2406 
#30haribercerita 
#sujud 
#azurazie_ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)