Desember 05, 2020

DAYA JUANG

tiap makhluk hidup memiliki daya juangnya masing-masing. dengan medan yang Allah telah takdirkan atas hidupnya.

tidak ada yang bisa memilih ingin di lahirkan di mana. dengan siapa dan dalam keadaan seperti apa.

seperti seekor ikan, misalnya. ribuan ikan lain boleh jadi terlahir di dermaga nan luas. air yang mengalir deras. jernih dan sumber makanan yang banyak. tapi nasib memutuskan ikan satu ini harus lahir dan besar di dalam aquarium.

seperti ribuan tumbuhan lain, misalnya. benihnya tumbuh di hutan nan luas. dengan unsur hara yang terbaik. dengan sumber mata air yang dekat. udara yang sejuk. dan pupuk alami yang melimpah. tapi nasib mentakdirkan tumbuhan ini harus bertahan hidup di sebuah pot kecil. yang ironisnya pemiliknya suka lupa untuk sekadar menyiram.

begitulah hidup. kita semua punya daya juang masing-masing. berjalan di atas takdir masing-masing. tak perlu merasa iri dengan kehidupan orang lain. di manapun dan dalam situasi apapun, jadilah makhluk yang hidupnya senantiasa bermanfaat untuk diri sendiri, alih-alih untuk orang lain. jadilah makhluk yang hidupnya selalu berusaha berperan dengan baik. sesuai porsinya masing-masing. tidak menghambat atau bahkan merugikan orang lain. dengan begitu, kita akan selalu merasa lapang menjalani kehidupan ini. tak merasa sesak seperti hidup di dalam akuarium yang sempit. tidak merasa tertekan seperti berjuang hidup di atas tanah dalam pot kecil yang tandus.

@azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)