Desember 11, 2020

TAK ADA SALAHNYA BERDOA

Sebelum terlelap, bolehlah selipkan beberapa doa di antara doa-doa yang biasa dirimu baca sebelum tidur.

Selipkan doa, untuk siapa-siapa yang dirimu tahu, mereka sedang berjuang untuk memenuhi peruntungannya. 

Entah itu doa untuk yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan. Yang sepanjang hari resah menunggu ponsel berdering, berharap ada panggilan interview dari perusahaan yang beberapa hari yang lalu ia tinggalkan surat lamaran. Doakan semoga esok ada kabar baik untuknya.

Entah itu doa untuk yang sedang sedikit gundah hatinya karena omongan tetangga hari ini. Tersebab, belum adanya momongan. Padahal sejauh ini sudah belajar untuk selalu percaya terhadap ketetapan-ketetapan-Nya. Bahwa hal-hal yang baik ada pada waktu-waktu terbaiknya. Doakan semoga hatinya bisa lebih sabar untuk bekal ketika suatu saat Allah takdirkan seorang anak untuknya.

Entah itu doa untuk teman-temanmu, saudara-saudaramu yang sejauh ini masih belum terlihat tanda-tanda kedatangan jodohnya. Yang setiap harinya memantaskan diri sebagai salah satu upaya agar dapat jodoh yang bisa dikatakan cerminan diri. Doakan semoga mereka segera dipertemukan dalam sebuah ikatan.

Atau sebait dua bait doa untuk orang-orang yang hari ini kebetulan bersinggungan dengan keseharianmu. Tukang sol sepatu yang lewat di samping rumah. Tukang tahu keliling. Tukang remote tv. Atau supir angkot yang mengantarmu. Atau marbot masjid tempat dirimu menumpang shalat. Dan siapapun itu. Baik yang dikenal ataupun tidak tahu sama sekali walaupun untuk sekadar nama. Doakan, mereka selalu dimudahkan dalam tiap-tiap urusannya. Dalam kegiatan yang terbaiknya.

Sebelum terlelap, bolehlah selipkan beberapa doa di antara doa-doa yang biasa dirimu baca sebelum tidur. Mungkin memang butuh waktu lebih lama dari biasanya. Tapi, doa-doa itu bisa jadi tolak ukur seberapa bersyukurnya dirimu hari ini. Yang mungkin dari segi roda hidup, dirimu selangkah lebih maju dari mereka-mereka yang dirimu doakan.
Doa-doa itu pula bisa jadi refleksi diri untuk seberapa sabarnya dirimu hari ini. Yang mungkin dari segi masalah, dirimu tidak lebih krusial dari mereka-mereka yang dirimu doakan.

Ingatlah, boleh jadi kemudahan-kemudahan yang kita lalui hari ini, banyak andil tersebab doa-doa dari orang lain juga.

@azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)