Mei 23, 2018

KONSISTEN

Hari ke-7. Itu artinya babak pertama sudah hampir genap di Ramadhan ini. Bagaimana? Sejauh ini masih kondusif kah? Apa kabar dengan ekspektasi ketika menyambut kedatangan Ramadhan? Tentang niat-niat baik selama mengisinya. List-list yang ingin sekali dicapai, yang niat hati bertekad tahun ini ada kemajuan dari tahun-tahun terdahulunya. Sejauh ini masihkah tercontreng dengan baik? Niat mengejar shalat berjamaah di masjid? Taraweh yang full? Qiyamulail yang rutin? Duha? Tilawah onedayonejuz?

Masya Allah, inilah beratnya sebuah konsisten. Istiqomah. Jangankan list-list yang disinggung di atas ya, konsisten untuk mulai bangun sahur dari pukul 02.00 saja misalnya, kita tidak bisa mewujudkannya. Alih-alih sahurnya hampir kesiangan.

Begitulah, niat di hati saja tidak cukup. Perlu azam yang kuat untuk menunaikannya. Belajar istiqomah saja tidak cukup, butuh konsisten untuk memperkuatnya. Dan ironisnya, diri kita  untuk membiasakan konsisten untuk kepentingan sendiri saja masih sering belang-bentong. Baik perkataan dalam artian niat, maupun perbuatan dalam artian realisasinya. Alih-alih di beberapa hal enak benar menuntut orang lain konsisten dengan perkataannya, dengan perbuatannya.

07 Ramadhan 1439 H
#Ramadhanberkualitas
@azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)