Desember 18, 2022

IDEAL

Sudah pasti, kita selalu ingin segala sesuatunya ideal sesuai dengan yang diharapkan. Part to part berjalan sesuai dengan list-list yang kita sudah rencanakan, agar keinginan itu terwujud paripurna. Agar harapan itu berbanding lurus dengan kebaikan yang kita bayangkan. 

Tapi, sayang sekali, selalu ada faktor lain yang di luar kendali kita. Human eror. Atau sering berbenturan dengan ego dan hak-hak orang lain. Atau tiba-tiba ada interupsi dari pihak ketiga yang tidak tahu menahu apa langkah yang sudah kita upayakan. Hal apa yang sudah kita bentuk dengan sedemikian rupa.

Yang apabila hal itu sedang terjadi, sering membuat kita nelangsa. Runyam. Buyar sudah. Seolah tenaga, pikiran, waktu terbuang begitu saja. Tidak kelihatan hasil baiknya.

Oooh... Kenapa mereka tidak bisa mengikuti sesuai idelnya kita? Kenapa dengan suka hati mendistraksi apa-apa yang susah payah telah kita bangun?kenapa tidak sepenuhnya membiarkan segala sesuatunya berjalan apa adanya, step by step sesuai dengan keinginan kita. Kenapa harus ikut campur? Kenapa suka usil ikut mengatur? 

Sedangkan bila terjadi sesuatu yang di luar kendali, kita juga yang pada akhirnya tertuduh duluan. Dan kita pula yang merasa paling bersalah. Karena tidak kuasa mempertahankan. 

Maka, benar adanya. Satu-satunya yang menghibur hati ini bahwa : Yang dilihat Allah adalah proses, bukan hasilnya. 

Biarpun ekspektasi kita tidak selalu tercapai, tapi Allah tahu langkah apa yang sudah kita coba. Soal hasil akhir biarkan bekerja sesuai dengan ganjarannya. Tugas kita sebatas usaha. 

Terus berusaha, sampai tidak terasa, tak adalagi keluhan-keluhan. Tak adalagi rasa kecewa yang di luar kemampuan kita. Karena kalau masih ada itu (keluhan, mudah kecewa) rasa-rasanya definisi ikhlas belum juga kita dapati maknanya. 

@gerimis30hari 
#gerimis_des22_18
#gerimis30hari
#azurazie_ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)