Maret 24, 2012

Coba lihat 2

" Kamu sedang apa nak?? " tanya sang kakek melihat cucunya masih pagi sudah mulai murung dan tak bersemangat. 

" Kek cari kerja susah yah?? hmph.. " curhat cucunya yang baru menyelesaikan jenjang pendidikan D3, sudah mulai panik mencari pekerjaan.. 

" Mudah nak, kalau kamu mau sedikit bersabar dan bekerja keras!! " 

" Caranya??"


" Coba kamu lihat seekor cicak itu??, bukan kah hidupnya merayap di dinding, sedangkan makanannya seekor nyamuk yang bisa terbang??, apa kamu pernah denger dia protes kepada Tuhannya?? "  

Sang cucu tertegun " Bener kek dia ga pernah protes dilahirkan tanpa sayap, tapi dia tetap bisa makan, hebaaat!! "  

" Nah bekerja keraslah dan bersabar dalam melakukannya!! "

******
" Nak kenapa masih manyun disini?? " lagi-lagi terlihat cucunya pagi itu tidak bergairah. 

" Aku bingung kek, ada yang menawarkan pekerjaan tapi aku masih setengah hati menerimanya!! " 

" Ya itulah manusia nak, lebih suka pilah - pilih.. " 

" Terus aku harus gimana kek??, aku ambil meski aku setengah hati memilihnya??, tapi jika aku ngga ambil, belum ada kesempatan lain yang datang?? "

" Memilih dengan hati yang bimbang, pilihan itu tidak akan berlangsung lama, tetapkan dulu hatimu, pikirkanlah jauh kedepan baik dan buruknya, Ikhlaskan hatimu Nak, semua akan berjalan lancar.. " 

Sang cucu masih terlihat bingung. 

" Coba perhatikan induk ayam itu?? " Terlihat ada seekor induk ayam dan beberapa anaknya sedang mengais - ngais mencari makan.

" Coba kau perhatikan, mereka hanya dikasih modal sama Allah berupa 2 ceker, tapi tetap giat mencari makan meski harus kotor-kotoran!!, tempatnya jijik bukan?? tapi perhatikan riangnya anak-anak mereka !! "

 

28 komentar:

  1. aih suka pas kata-kata yang ini "memilih dengan hati yag bimbang tidak akan berlangsung lama" hmmm... serasa dapet nasihat, aku plin plan sih hehe :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo belajar jangan plin plan Syifa =)

      Hapus
  2. pelajaran dari seekor cicak dan induk ayam#mantafff

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mantap kalau ayamnya kita goreng mba atma hehe..

      Hapus
  3. tssah ..
    cicak aje gak pernah ngeluh ye bang ..
    mantap bang
    makanya manusia gak boleh ngeluh .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah bukan saatnya untuk mengeluh =)

      Hapus
  4. nak.. kali ini kakek tak'an beri perumpamaan tentang hewan yg mensyukuri pemberian ilahi. kali ini, coba kamu pandang tuna netra itu,pengamen jalanan,dan mereka yang berjualan diemperan jalan. lihatlah nak..pendidikan mereka mungkin SD saja tak selesai,mngkin pula anggota tubuh mreka tak sempurna.. tapi lgi2 lihatlah nak mereka mampu mengerjakan sesuatu hal yg mungkin tak bisa kau ciptakan dgn sendrinya. tegaslah.. memilih itu memang sgt membigungkan tapi bila kau lambat memilih hanya ada satu yang tersisa.. ''sesalmu'' yg berkepanjangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuuuh dapet pencerahan gw.. makasih Wynata =)

      Hapus
  5. Cicak bisa bikin galau juga ya ^_^

    BalasHapus
  6. waaaah memotivasi banget tulisannya bang zay, ada "coba lihat 3" nya gak ya? semoga ada siapa tau lebih waaah

    BalasHapus
  7. Subhanallah..
    ayo ikhlas, dan giat berusaha!
    masa kalah sama ayam?
    FIGHTING!
    Hhe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh, jangan kalah sama Ayam hehe..

      Hapus
  8. kesentil sama cerita yg kedua..
    pernah ditawarin juga, tp masih harus wawancara dulu, karena gak sreg jdnya aku tolak..
    kadang berpikir, kesempatan gak datang 2 kali, udah dikasih kesempatan kok malah disia2kan.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua orang pasti pernah dihadapkan oleh sebuah pilihan Lia =)

      Hapus
  9. Keren ya, ternyata binatang bisa juga dijadiin pelajaran=D
    Yang kedua itu ngena banget, bang~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah seandainya kita mau lebih sedikit melihat dan peduli disekeliling kita banyak beribu pelajaran..

      Hapus
  10. motivasi *____*(^_^)
    hamasah.....

    BalasHapus
  11. Kebanyakan manusia terlalu pilih-pilih. Nggak salah emang, yang ada dulu di maksimalkan. Buat cari pengalaman. Setelah itu bisa cari yang lebih baik. Tapi harus ada ketetapan hati dalam bekerja. Jangan bimbang atau ragu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah tepat sekali harusnya seperti itu bang,, Thanks motivasinya =)

      Hapus
  12. Ehehehe nice,
    intinya jangan banyak ngeluh ya.
    Nitip link ya http://sittirasuna.com/
    Folbek ya.
    Hahahahahahaha~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Una ini, gw kan udah hampir sering kesana masih aja nitip link hahaha...

      udah di follow juga kok udah lama..

      Hapus
  13. Thank you for sharing valuable information. Where else could anyone get that kind of information in such a complete way of writing? I have a presentation incoming week, and I am on the lookout for such information.
    1989 Isuzu Pick-Up Truck AC Compressor

    BalasHapus
  14. wuuuuiih bagus.. cara penyampian nasehatnya... :)

    BalasHapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)