Maret 21, 2012

Menjadi Seorang Kakak

Untuk kali ini, gw cuma mau sedikit curhat, so, kalau memang pada males bacanya, monggo ditinggal saja yah, tapi Insya Allah meski curhatan, ada pelajaran yang bisa dipetik, semoga!!

Gue terlahir dari Rahim seorang ibu yang sederhana, tapi luar biasa untuk anak-anaknya, terlahir sebagai seorang anak pertama, dari tiga bersaudara, adik pertama, seorang cewe manis bernama Siti Mus'idah ( Mutiaraku, panggilan sayang gw untuk dia ), yang usianya hanya terpaut dua tahun, pandai menulis dan merangkai kata, dan gw kagum dengan hasil tulisannya, adik yang luar biasa sabar dan pengertian. Adik yang kedua seorang cowo, yang bulan April esok, genap berumur empat tahun. Namanya Syafiq Fauzan, Bisa dibilang sedang nakal-nakalnya, dan susah diatur. 

Sewaktu kecil gw selalu bermimpi :

" Andai gw punya kakak yang bisa gw andelin, kakak cowo, untuk ngajarin gw tentang, bagaimana harus bertanggung jawab, kakak yang cewe, ngajarin gw tentang kasih sayang dan perhatian!! " padahal it's impossible, kalau inget gw anak pertama.

Dan suatu ketika, saat gw iseng baca-baca tulisan adik gw yang cewe, gw nemuin satu kalimat yang berhasil ngebuat gw KAGET, bunyi curhatannya seperti ini : 

" Aku rindu seorang kakak, yang bisa meneduhkan hati adiknya, bisa membimbing ku dalam menghadapi masalahku!!, karena aku tak kuasa menghadapi masalahku sendiri!! "

Ngebaca itu, gue seperti tertampar, kalau kalimat itu emang bener ditujukan buat gw, apa secuek itukah gw sebagai seorang kakak buat dia??, sedang ada masalah apa yang sedang dia alami, yang gw ngga ketahui??   

Kalimat itu berhasil ngebuat gw merenung. ya bisa dibilang gw emang rada cuek jadi orang, rada tertutup ke orang lain, meski ke orang tua sendiri, disini, tapi gw selalu terbuka buat orang lain, bisa dibaca disini, tapi apa mungkin gw segitu ngga pedulinya dengan dia??, adik gw sendiri?? ckckck..

Dan setelah itu baru pikiran gw sedikit terbuka, sudah seharusnya sebagai seorang kakak, gw harusnya berusaha menjadi kakak yg baik buat mereka, biar adik - adik gw saat ini ga bermimpi kaya gw dulu, yang bermimpi " Andai gw punya kakak!! " .

Terakhir sebuah pesan untuk adik gw yang paling kecil :
" Kamu itu cowo, jangan lemah dek, jangan cengeng, jangan manja, karena kamu belum tau, kelak tanggung jawab besar apa yang akan ada di pundakmu!!
"
" Berapa pun usia kita, kita semua nyatanya masih kecil, masih harus belajar dan kadang kita masih kekanak-kanakan.. " Uzay
Sudahkah menjadi seorang kakak yang baik??









"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway The Fairy and Me yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain".

71 komentar:

  1. aku juga bang punya kakak cewek orangnya smart juga humoris kalo aku lg bnyk problem pasti tmpt aku curhat slain ke papa dn umi pasti ke cc ku itu. trs aku juga pnya adik tapi sygnya aku blm bisa sedewasa kk ku buat dgrin sgla keluhannya. yg ada tiap hri aku sma adikku berantem trs :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah tapi seru ya kalau lagi berantem sama adek itu =)

      Hapus
  2. woww... curhatan yg dalam...^^. hmm, jadilah seorang kakak yg dapat melindungi adik2ny n bertanggung jawab serta sayangilah mereka ;)

    trims dah berbagi curhatanny sob. salam sukses selalu... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuuu Mas,

      Makasih ya...

      semoga kita bisa jadi kakak yang bisa diandalkan.. =)

      Hapus
  3. muahaha.. bang Uzay ni cuek ama adeknya gak nyadar ckck #plaak. Haha orang dewasa sekalipun masih perlu belajar untuk menjadi semakin dewasa lagi. setujuuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmph, jangan di inget-inget lagi itu duluuuuuuu -_-

      Kalau setuju kita TOS!!

      Hapus
  4. bang ujay masih mending punya adik ,
    nah gue gak punya kk gak punya adik :')
    sepi ?? PASTI !|
    gluck bwt postingannya ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhehehe... enak dong uang jajan selalu double #eh...

      Hapus
  5. yaampun... asli ini tulisan "begizi" yahaaa jadi maskudnya gak sekedar curhatan gak penting hehe

    sumpah deh beruntung aku juga punya seorang kakak, yg sebenernya baik dan penuh kasih walau ketegasannya sering syifa salah artikan

    *ngacungin jempol buat tulisannya bang uj... eh bang uzay :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau punya kakak juga dooooong *ngimpi...

      Hapus
  6. Sebuah tulisan sederhana dari adiknya, tapi mampu menggugah cara berpikir kakaknya. Jadilah kakak yang baik kang uzay. Ajarkan rasa tanggung jawab pada adik yang paling kecil. Dialah nantinya yang akan menjadi imam keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Bang, Makasih motivasinya.. =)

      Hapus
  7. Apalagi gue Bang stressnya sebagai anak tunggal, cuma gue harapan satu2nya orang tua.. makanya gue juga kadang berkhayal pengen punya seorang kakak, biar ada temen seperjuangan buat ngbahagiain orang tua -______-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puk puk Tammy,
      Jadiilah anak yang tegar dan tetap semangat buat orang tua bangga =) *sok tua..

      Kalau berkhayal jadi seorang kakak kan udah ngga mungkin, kalau berkhayal punya adek masih ada harapan kaaan??

      Hapus
  8. Aduh, Zay semoga tulisan adikmu itu bisa membuatmu lebih peduli dan perhatian dengan adikmu.

    Sukses untuk GA-nya, Zay :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin =)


      Makasih Wury =)

      Hapus
    2. Zay, komentarmu nggak ilang kok. Liat lagi aja, soalnya komentar punyaku harus nunggu aku moderasi dulu, jadi munculnya tar kalo udah aku moderasi. Tenang, komentarmu eksis terus kok, hehehe

      Hapus
  9. jadi kk itu emang gampang2 sulit -_-.tanggung jawabnya gede apalagi anak pertama kek aq huhu,ada adek jatoh kita kena marah,adek nangis kita kena smprot,adek minta apa yg kita lagi makan dan gak kita kasih lagi2 kena amuk ortu huhuhu.Tapi senengnya adek itu bisa kita ajak bercanda heehe

    BalasHapus
  10. apa adeku juga mempunyai perasaan sama seperti adikmu ya bang. aku juga anak pertama, dan pernah juga ingin merasakn punya kaka. tapi apa daya itu ga akan mungkin. jadi ngerasa belum sempurna buat jadi kaka yang baik :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ngga yah ayu =)

      Ayo kita berusaha jadi kakak yang baik untuk mereka..

      TOS sebagai anak pertama =)

      Hapus
  11. nice sahre sob...!!!1 menyentuh tuch sob...!!!! menadi seorang kakak susah sob...!!! ngawsin adik apalagi kalu dapat adik bandel baget...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah tugas seorang Kakak =)

      Makasih =)

      Hapus
  12. kalo saya gak punya adek, cuma punya teteh >.< tapi kadang akur kadang nggak T___T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu mas, akurin dong, kan beruntung masih punya seorang Kaka =)

      Hapus
  13. MasyaAllah.. semoga bisa jadi kakak yang baik zay :) kedua adikmu benar-benar sosok yang berharga ^^ kita memang selalu menginginkan apa yang tidak ada, tanpa sadar bahwa sebenarnya kita telah memiliki lebih dari cukup untuk menamakannya sebuah kebahagiaan dalam keluarga~

    ------------
    sudah terdaftar ya uzay :)
    terima kasih atas partisipasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaah terharu Ka, baca comment mu makasih =)

      Hapus
  14. kakak yang baikk...
    saya tidak adik,...

    BalasHapus
  15. kita hampir sama, bang ...
    saya juga punya adik, tapi adik saya (pernah) merasa ga punya kakak ...

    'jahat' nya saya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuuh ada juga yang senasib ternyata =)

      Hapus
  16. pengen banget jadi seorang kakak walau banyak yang bilang ga enaak, coz Qu anak terakhir dan kakak kedua-duanya cowok.
    ceritanya kebalikan dari Qu, dulu Qu peernah baca curhatan kakak ke dua di bukunya, katanya dia pengen jadi kakak yang intinya bisa lebih ngertiin dan sabar dengan adikya (T_T) sejak itu berusaha untuk jadi ade yang bisa leebih baik lagi. kalo sama kakak yg pertama udah kaya tom and jery (tapi itu dulu, setelah Qu masuk kuliah dah ga lg)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sharing nya Mba Any =)

      Hapus
  17. hallo uzay:) Kita bernasib yang sama,bahkan aku kadang sempat berpikir betapa enaknya jadi anak tunggal,yang nggak selalu diusilin sama adik yang bandelnya minta ampun.Tapi setelah aku pikir-pikir kalau aku sendirian jugak,sepi jugak pasti yaa,nggak ada temen buat berantem.hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai Citra..

      Becanda ama adik itu moment yang paling indah dalam keluarga.. =)

      Hapus
  18. Kenapa kok ya, sepertinya kk laki2 itu selalu terkesan cuek, mungkin dibenaknya dy merasa klo menunjukkan kasih sayang & perhatian itu adalah hal yg melow dan sifat itu "anti" buat laki2.

    Tp alhamdulillah ya, skrng sdh ngerti bagaimana perasaan adiknya ^____^
    Smoga kedepannya tak ada penyesalan lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu udah lama banget kejadiannya kak hehe..

      Alhamdulillah yah.. sebenarnya ngga cuek cuma ngga nunjukin aja kalau dirinya sayang sama adik-adiknya.. *mewakili kakak laki-laki

      Hapus
  19. woww...
    *ikutan puku_puk*

    Btw jadi inget..
    Aul punya adek (cowo) dan punya kakak (Cewe), lalu duluuuuu banget pernah berpikir, "Seandainya punya abang..."

    Tapi ternyata sekarang udah lupa.
    yahh, emang munculnya tiba-tiba sih, jadinya hilangnya juga gak lama-lama.
    wkwkwk

    Keep spirit!

    P.S.
    Ini kok bang Uzay jadi manggil "abang" ke Aul?
    *misteri siapa yg lebih tua*
    Aul masih 18 tahun nih bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh..
      *brb cek KTP..
      * Misteri terpecahkan...

      Thanks Sharingnya bang #eh..

      Hapus
  20. Gue mampir bang! :D
    Gue nggak punya kakak bang cuma punya adik doang :(

    BalasHapus
  21. Sayang aku kagak punya kaka... 9Tapi untung dehhh ga punya ga enak punya kk. Buktinya adikku aku tindas mulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAh loooh .ckckck jangan dong bang haha...

      Hapus
  22. Kunjungan sore sobat
    Maaf baru berkunjung soalnya lagi ujian -____-
    Aku juga pernah mikir gitu dulu soalnya aku gak punya kakak
    Gak ada yang dibuat tempat curhat :(

    BalasHapus
  23. jadi kakak itu enak kook. Serius :))

    BalasHapus
  24. seperinya saya belum menjadi seorang kakak yang baik :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita sama-sama berusaha =)

      Hapus
  25. Wahahaha,
    aku sih bukan kakak yang baik.
    Tapi adikku juga ga baik sih, hihihi~
    Pukpuk, jangan bersedih mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah looh jadi siapa yang baik dong =D *garuk-garuk

      Hapus
  26. Aku bukan kakak.. alhamdulillah jadi adik.. hehe..
    Mirip banget itu yangh kecil jiplakannya bang Uzay yak

    BalasHapus
  27. aku punya 2 kakak cowok. mereka jail banget, dan sering bikin kesel. bikin aku kepengen punya kakak cewek yang asik buat diajak curhat. tapi itu anugrah dari Tuhan, Tuhan ngirim mereka berdua dengan segala sifat jailnya itu biar bikin aku selalu senyuum :) hehehe walaupun gak punya kakak cewek, aku tetep seneng kok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat yah setidaknya kamu punya kakak =)

      Hapus
  28. aku juga anak pertama, dan sering mengkhayalkan punya seorang kakak yang bisa melindungi dan menjagaku...
    tapi itu dulu...
    sekarang dan mudah-mudahan sampai mati, aku bisa menjadi kakak yang baik untuk adik2ku
    kamu juga ya ^_^

    BalasHapus
  29. uzay ikutan GA juga
    prokk prokk prokk
    :)
    gw pengen jadi kakak,,sayangnya gw anak bontot.. :(

    "Berapapun usia kita, nyatanya kita masih kesil, masih harus belajar..."
    Closing nya keren zay...ahh tulisanmu selalu 'berisi' :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ikutin kamu Widie #eaaaa...

      Makasih, postingan kamu juga berisi kok, diupdate dong blognya =)

      Hapus
    2. hahahaha
      masih sibuk urusan duniawi zay #alasen
      :D
      ntar deh..kemungkinan besok atau lusa atau besoknya lagi ada postingan baru
      xixixixixi

      Hapus
  30. pertama -- aduh adeknya lucuuuu
    kedua -- gue juga kakak , sma sih cuek juga sama adek gue tapi emg dunia kami berbeda #eh , maksudnya adek gue ya masi kecil dan pikiranya hanya main dan jajan,
    gue kan uda kuliyah , masa iya main masak2an juga , hahaha
    ketiga-- gue kira ini postingan baru dan belum ada yng komeng , kirain bkal jadi pertamax komengnya ,ternyata hahaha gue pede -_____

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama : adeknya apa kakaknya nih?? ^.^

      Kedua : kalau gw dong kakak, jadi ikutan jajan sama mereka #eaaaa..., mereka masak-masakan gw, masak beneran...

      ketiga : tetap jadi pertama kok, kan sebagian emang udah pernah dibahas di komentar mu dulu.. jadi jangan sedih yaaaak #plaaaak

      Hapus
  31. ane sndri sbenernya ga bgtu dket ama adek...adek lebih dket ama emak...adek ga prnah crta apapun ama ane...ye paling bcanda biasa aj..hmmm apa iye ane jg cuek yak o.O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sekali-kali kita tanyain langsung ke mereka ka Ran?? biar ngga pernah ada sesal dikemudian hari, sedih banget tau rasanya kalau mereka ngerasa ngga pernah punya kakak T.T

      Hapus
  32. Gue merasa bersalah sama adek gue, karena suka ngabisin bubur rasa beras merahnya T-T

    BalasHapus
  33. kakak ku juga cow, dia juga orangnya cuek, tapi aku yakn dibalik kecuekannya dia... dia perhatian ma adek2nya, yg mgkin jrg mereka perlihatkan...mgkn krna mrka mrasa dia seorg kk.

    aku dlu berpikran sm kyk adek mu, tpi akhrnya pikiran itu pupus,ya stp org berbeda..mengaplikasikan rasa syg dan perhatiannya :) semangat jadi kakak yang baik hee

    BalasHapus
  34. wah,postingan ini sungguh ngebuat aku juga ikut tertampar... jujur, aku juga seringkali mengabaikan adikku sndiri lho.... seringkali aku juga mengabaikan apa-apa yang dilakonin adikku pada jarak jakarta bandung.... aku selalu tahu dan yakin dia sangat mandiri dan berani... tapi seringkali, rindu juga menjadi seseorang yang dia andalkan seperti masa dulu... ^__^

    BalasHapus
  35. hari ini aku menangis karena berebut LAPTOP dengan adikku. aku mengalah. lalu aku menangis, tapi bukan karena mengalah. lalu aku masuk ke kamar ku dan mekihat foto waktu aku masih kecil. itu yg membuatku menamgis. aku membayangkan waktu aku msh kecil aku disayangi,damai,&hidupku menyenangkan. tanggal 7-8-2006 adikku lahir. aku syng adiku. sekarang adiku yg di sygi orngtuaku. aku ingin punya kakak cewe. tapi aku sayang adikku.. karna aku seorang kakak....

    BalasHapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)