September 14, 2015

TITIKTEMU - BERPROSES

F
a, akhir-akhir ini aku sering mendapati teman sekantorku yang mengeluh ingin pindah. Dengan alasan yang beraneka ragam. Dengan wajah kejenuhan-kejenuhan yang benar-benar masam.
Mungkin memang begitu adanya, setiap orang ingin berproses menjadi lebih baik. Ada yang memutuskan pindah mencari ladang yang lebih hijau. Pindah untuk menemukan udara yang lebih segar. Untuk melegakan pernapasannya. Untuk menjernihkan mumet pikirannya.
Ada yang mengambil pilihan mundur beberapa langkah, dan berharap lompatan berikutnya akan lebih jauh. Mundur mengalah untuk strategi kemenangan berikutnya. Adapula yang tetap bertahan, sabar meski dalam menahan sedikit kesakitan, bertahan meski dirundung kejenuhan. Barangkali ia belum hendak menyerah di lingkungan yang lebih banyak mengurung geraknya. Barangkali ia masih punya tekad bisa mengubah tempat yang itu menjadi tempat yang lebih nyaman. Boleh jadi rumput tetangga terlihat lebih hijau. Pindah barangkali pilihan yang paling masuk akal. Setidaknya jika sudah tidak ada tekad untuk lebih menghijaukan halaman sendiri.

Fa, setiap orang ingin berproses menjadi lebih baik. Entah pilihan apa yang akhirnya mereka ikuti. Meski ketika telah memilih, masih ada yang perlu mereka usahakan. Setidaknya belajar untuk menikmati pilihan. Belajar untuk bertanggung jawab atas keputusan-keputusan. Dan pastikan  berproseslah menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)