April 01, 2013

Pagi yang selalu menakjubkan

Pagi selalu menakjubkan, sebagai penyambung hidup dari kematian sementara yang berulang - tidur. Sebagai waktu yang paling kondusif memperbaharui niat untuk memperbaiki diri, sembari menunggu kematian yang sebenarnya. Menunggu kejutan-kejutan yang menakjubkan lainnya. 
Pagi dengan perpanjangan harapan yang dibawanya, sudahkah perbaharui kontrak hidupmu dengan bersyukur? Alhamdulillah. Tiada yang kuasa menghidupkan jiwa setelah kematian selainNya. KehendakNya kita masih memiliki napas-napas baru, bukankah perkara mudah bagiNya jika menghendaki kita tidak terbangun lagi dari kematian sementara? dari mimpi tidur semalam menuju mimpi yang lebih nyata di alam sana, dengan sambutan pertanyaan-pertanyaan malaikat yang siap menciutkan jiwa.

Pagi yang selalu menakjubkan. Apalagi yang paling menyejukkan raga, selain basuhan air wudhu ketika fajar? apalagi yang paling menggetarkan jiwa mendengarkan suara adzan menggema di waktu shubuh? apalagi yang menentramkan hati, ketika sayup-sayup doa merambat masuk ke telinga? apalagi yang paling menghangatkan rasa, ketika pagi disambut manis oleh celotehan keluarga tercinta? apalagi yang paling menyemangati, ketika tujuan-tujuan hidup sudah digelar kembali di depan mata, tugas-tugas mencari nafkah, ilmu, hal baru, harapan baru sudah menanti untuk kita sapa? Apalagi yang paling menguatkan, ketika kecupan mesra istri tercinta, doa tulus orang tua, celotehan riang ceria anak-anak dengan tulus diberi sebagai bekal perjalanannya? apalagi berita yang paling baik, bahwa semua itu masih bisa kita rasakan atas izinNya.

Pagi yang selalu menakjubkan, sebagai permadani untuk menuju hari. Untuk menebar kebaikan-kebaikan dan memperbaiki diri.

Dari Abu Hurairah berkata,

 كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَصْبَحَ قَالَ: اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبَكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُشُوْرُ . وَإِذَا أَمْسَى قَالَ: اَللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bila berada di pagi hari berdoa, ‘Ya Allah, kami berada di pagi hari dengan (rahmat)-Mu, di sore hari dengan (Rahmat)-Mu, kami hidup dengan (rahmat)-Mu, kami mati dengan (rahmat)-Mu, dan kepada-Mulah kami dibangkitkan.”

Postingan sebelumnya [Sisi Lain] : adakah yang menggetarkan hari ini?

*udah masuk bulan april nih, apa resolusimu? lalu bagaimana dengan pagimu? 

26 komentar:

  1. Sekedar berpesan untuk bulan april: cukuplah dunia sudah rusak dengan kebohongan-kebohongan yang ada, & jangan diperparah dengan kebohongan yang dibuat-buat. Tradisi yang membawa keburukan lebih baik diganti dengan yang lebih membawa manfaat dan kebaikan. Yuk ah move on dari hal-hal buruk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari bang ajak tetangga kanan kiri atas bawah jauh dekat, ngalor ngidul kabeh bebarengan ya,,,,

      Hapus
    2. ayo ayo semakin banyak yang ikut hihi

      Hapus
  2. Saya masih bisa bersyukur dipagi hari masih ada kesempatan untuk buka blog. Pagi yang penuh barokah.

    BalasHapus
  3. selamat datang april pagi, harapan baru menanti
    hehehehe akhirnya berkunjung zay, assalamualaikum #halah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam :)
      kamu siapa ya? :P

      Hapus
  4. Subhanallah wal hamdulillah, benar-benar pagi yang menakjubkan karena postingan ini adalah postingan pertama yang saya baca di blogwalking pagi ini. Terima kasih untuk semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Abi dapet award karenanya.

      Hapus
    2. Kang abi silakan ambil awardnya di bang zach hehe...

      Hapus
  5. saat minum teh hangat pagi-pagi, itulah yang kemudian menjadi pemicu untuk tersadar dari mimpi di hari kemaren, untuk mewujudkannya hari ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah! sekalian sepiring sarapannya,

      Hapus
  6. bang uzay cooooool banget, kece, keren abis, unyu2 (gak semua yang lo baca itu bener: april mop)

    pagi yang luar biasa itu ketika bangun tidur saat subuh solat jamaah bareng suami lalu menikmati kopi.. lalu suami kerja dan istri online #tsaaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajiah istrinya malah online bukan bersih bersih dapur :D

      Hapus
  7. Semoga pagi2 ku selalu berada dalam hidayah dan Petunjuk Nya.
    Aamiiin

    BalasHapus
  8. Wah dapet kosakata baru kang. Perbarui kontrak hidupmu. Coba ada yang jualan pulsa usia, bisa nambah deh masa aktifnya he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sayangnya nggak ada pulsa usianya ya bang,,

      Hapus
  9. Apalagi kalau ditambah Ma'tsuratan... lengkap deh paginya :)

    Resolusi saya : Buat GA (^,^)/

    BalasHapus
  10. Masya Allah, fajar yang menggetarkan di belahan bumi yang berbeda. Resolusi... Resolusi... Ayo, berlomba-lomba dalam kebaikan! Aku tak akan kalah Insya Allah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ya May, harus nggak boleh kalah :D

      Hapus
  11. saya bacanya udah malem bang, jadi jawab pertanyaannya dalam hati aja boleh ya :p

    resolusi april, hmmm... *jawab dalam hati* ^^v

    BalasHapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)