Februari 29, 2016

WAKTU

Adalah waktu yang rela manusia bagi-bagi kepada manusia lain dalam bentuk peduli. Padahal waktu yang ia miliki secara otomatis mengurangi jatah usianya hidup di dunia fana ini. Seolah-olah secara tidak sadar, ia membiarkan waktu kepunyaanya dimanfaatkan untuk menopang kepentingan orang lain. Dalam bentuk perhatian-perhatian, dalam bentuk pertolongan-pertolongan, atau sekedar berupa dukungan. Ia rela menyisihkan sebagian jatah waktunya untuk memastikan orang-orang di sekitarnya selalu dalam keadaan baik. Selalu merasa bahagia.

Dan mirisnya di waktu luang yang ia punya justru tidak ia gunakan untuk memperbaiki keadaannya sendiri. Barangkali sebagai manusia, nalurinya mengharapkan perlakuan yang sama dari manusia lain.

Barangkali begitulah yang lebih baik untuk memanfaatkan sisa waktu hidup yang kita punya. Disisihkan untuk membawa manfaat ke banyak orang. Tidak peduli seberapa banyak waktu yang kita punya dikorbankan. Untuk kebahagiaan orang lain. Orang-orang yang penting dalam kehidupan kita. Dibandingkan kita hanya berpangku tangan, malas-malasan saja. Tidak peduli dengan orang lain, alih-alih tidak juga dengan diri sendiri.

Ini tentang jatah waktu yang kita punya, sama sekali belum membicarakan cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)