Maret 08, 2012

MACET!!

Apa di benak kalian kalau denger ibu kota itu?? Ya pastinya panas, dan paling popular karena macetnya, itu udah harga mati, udah ngga bisa di tutupin lagi dah kalau masalah yang satu itu, berapa banyak keluhan – keluhan, atau sekedar narik napas panjang kaya hari ini teman- teman senasib gw, ekspresi pertama mereka saat masuk keruangan pada kompak semua berlomba- lomba menghembuskan napas panjang, Huaaah. Dan lucunya belum di tanya aja semua udah teriak- teriak “ MACEEEEETT GILAAAA“ dengan mimik muka yang kaga enak banget diliat, ya seperti itulah kalau udah kejebak ama rutinitas yang paling membosankan, alias MACET,

Dan salah satu korbannya adalah gw, hampir tiap hari gw harus bersahabat dengan udara dan konco – konconya ibu kota ( panas, macet, bete, merengut, ngejar jam masuk. dsb). Bisa di bilang genap satu tahun gw mencari sesuap nasi di sana ( tapi rasanya gw rada kurang sreg ya kalau di bilang nyari sesuap nasi, lah emang gw ayam yang kerjaanya matokin nasi basi or sisa, idih jijay bajay, mencari kepingan uang untuk beli nasi tepatnya), harus berangkat pagi lah, pulang udah gelap lah, dan monoton itu – itu aja lah rutinitas tiap hari, tapi tetap semangat demi masa depan yang lebih baik, dua jempol deh kalau yang ngerasa senasib kaya gw, hoho… maklum rumah gw emang rada- rada jauh dari tempat kerja, jangan kan pake motor jalan kaki aja udah bener- bener melelahkan, yaiyalah,… kalau pas berangkat nya sih ngga terlalu menyiksa banget, ini versi gw, ngga tau kalau pandangan loe – loe pade gimana,

Kalau berangkat kan masih segar, abis mandi ( buat orang yang mandi ), masih melek dan di melek-melekin ( buat yang kesiangan, kalau ini 90% nya ngga mandi, ayo ngaku??), dan tentunya yang memperhatikan kesehatan dia akan sarapan pagi dulu sebelum beraktifitas, singkatnya kalau di atur jadi :

MELEK – SARAPAN – MANDI – BERANGKAT ( untuk yang merhatiin kesehatan )

MELEK – MANDI – SARAPAN – BERANGKAT ( ini buat yang nambahin bekel abis sarapan ngga gosok gigi, coba aja kalau ngga percaya cek deh di mulutnya ada ompreng, =P )

MELEK – BERANGKAT ( buat yang kesiangan or jorok bebek )

SARAPAN – MANDI – BERANGKAT ( buat yang ngigo alias ngelindur )

MELEK – SARAPAN – BERANGKAT  ( yang ini banyak kemungkinan, bisa aja dia emang ngga mand langsung berangkat, bisa juga abis sarapan terus berangkat TIDUR lagi… )

Nah guyz silahkan dah pilih dipilih mau yang mana, yang pasti saat berangkat memang ngga terlalu gimana – gimana gitu, secara kita udah banyak bekelnya, masih fresh dan emang kejar target biar ngga telat dapet absen merah di kantor, iia ga??. Meskipun macetnya kadang meuni Naudzubillah, tapi dalam hati kita teriak “ Kantoooooor aku dataaaaaaaang” senyum kecut ( walaupun nyampe kantor pengen cepet – cepet jam pulang) “ gas motor langsung ngacir deh, kalau masalah udara rasanya ngga ada bedanya kalau di Jakarta dari pagi juga udah panas meskipun belum pool…

Beda lagi kalau waktu jalan pulang, Macetnya ngga kalah merapat, merayap pula. tragisnya pada kondisi kita sudah semakin semraut, udah ngga beraturan dah, ya tinggal hanya sisa – sisa tenaga abis bertempur ama kerjaan. Ditambah dari ruangan Sejuk ( Buat yang kantornya ber AC ) atau udara segar ( Buat yang kantornya masih pake system AG – Angin Glebur- gelebur ) migrasi ke udara panas sekelas udara Jakarta gitu loh, makin kusut kan??, belum lagi kalau lapeeeeer, ngantuuuuk, yang pastinya sangat melelahkan, di padukan dengan udara panaaas, sepanas – panasnya dari ibu kota dengan lautan beton dan temboknya ( jarang pohon hijau ) abis di omelin bos, pacar ngambeeek, ade minta jajaaaan, belum gajiaaaaan, duit tinggal selembaar plus kalau lagi dapet bonus triwulan ( ban bocor ) dorong-dorong. Tragis, syukur –syukur masih sempet nyampe rumah, kalau lewat gimana?? Ya balik lagi..!!

Tentunya kalian udah pernah ngalamin kondisi seperti itu kan?? Kalau emang rada kuper belum pernah ngerasainnya coba deh sejenak baca ulang kalimat diatas secara perlahan –lahan, diresapi kata perkata, kalimat per kalimat, biar lebih dramatis dan chemistry nya dapet, sambil anda bayangin, jangan lupa bayanginnya di depan cermin plus gengam batu di tangan, bayangiiinn semua dari A – Z dan liat di cermin betapa jeleknya anda saat itu, suram, semraut, bila perlu jangan sungkan – sungkan anda teriak yang kencang, sekencang mungkin, aaaaaaaaaaa… biar semua orang tau kalau anda melihat ada wajah sejelek itu di depan anda, dan wajah itu adalah wajah anda, kurang puas, masih kurang puas ( emang sengaja di ulang ) dan tidak dapat menerima takdir kalau memang wajah yang jelek itu wajah anda, langsung saja dengan sekuat tenaga lempar saja batu yang ada di kepalan tangan, prak pecah dan habis lah perkara. Hehehe…

Kalau di dalam duni macet – macetan, kadang – kadang ngga jelas banget loh penyebab macet itu sendiri apa, ya kalau ada kecelakaan wajar, ada yang mogok di maklum, ada yang demo, pawai, itu mah jarang – jarang, perbaikan jalan masih bisa di tolelir, jalan sempit kalau yang ini jangan di kata apalah daya, karena semakin banyak generasi – generasi baru kendaraan, dan yang sudah tua juga belum dipensiun kan, iia ngga?? Tapi kapasitas jalan raya nya masih gitu – gitu aja, nah kalau yang paling Fenomenal sekarang kemacetan itu rata- rata di sebabkan oleh orang – orang yang kreatif, kreatif bukan menghias jalan, bukan kreatif ada orang yang lagi pada ngecat jalan jadi warna warni, bukan,  karena Angkot ngetem, keren banget kan penyebabnya?? Dan lucunya si empunya kendaraan justru main selonong aja kalau di singgung seolah – olah bukan terdakwa di kasus ini, jempol kebalik .

Sabar cuy jangan pada ngegerutu dulu, ambil positifnya aja dengan mereka begitu kan kite – kite jadi pada bisa bersabar, hahaha.. ga jelas maksudnya apa, toh mereka juga kadang ikut ke jebak macet juga, seperti malam kemarin yang gw perhatiin, dari jajaran kemacetan yang ada di depan mata gw, itu ada sebagian besar yang pada antri ya sopir angkot dan kawan – kawan ( taksi, bajaj, dkk ), 1…. 2 ….. 3 ….. 6…. Ya enam mobil angkot di depan motor gw, lagi pada bejejer ikut antri, padahal kalau sekilas di perhatiin coba aja dari enam angkot itu di jadiin satu mobil aja masih cukup buat duduk para penumpangnya, yang memang rata- rata masih pada kosong, kan lumayan nambahin gerak kendaraan yang lain, itu secara sekilas beda lagi kenyataan yang ada, karena ya memang rezekinya yang berbeda- beda..

Dari pada bengong iseng deh gw bikin imajinasi sendiri, ( bengong = imajinasi = sama aja ) gw liat ada ibu –ibu bawa anak kecil di bonceng suaminya, menurut hemat gw, angkot yang lagi pada bejejer itu bisa juga di jadiin alat buat si ibu biar anaknya cepet tidur, misal gini :

“ Kmu ngantuk sayang??, bobo aja nanti kalau udah sampe mamah bangunin” kata sang ibu saat melihat anaknya menguap.

“ ga bisa bobo mah hoaaaaam “ sekali lagi sang anak menguap,

“ yaudah kita itung angkot dulu yuuk, tuh banyak lagi pada ngejejer, “ ( azaz ngga ada domba angkot pun jadi )

Sang anak pun mulai menghitung “ angkot satuuuu, angkot duaaaa, angkot tigaaaaa, angkot empaaaat,…” dsb… ( terusin sendiri ) “ hoaaaam si anak masih belum bisa tertidur.

“…..”

“…..” ????

“ Mobilnya abis mah “ anaknya protes

“ Oia yah ayo kita ulang ikutin mamah ya, mobil angkot satu penumpang nya satu, mobil angkot dua penumpangnya empat, mobil angkot tiga ngga ada penumpangnya, mobil angkot empat ngga ada supirnya, hoaaaam, mobil angkot lima sopirnya jelek, hoam… hoam… mobil angkooot enam….. “  tiba tiba terhenti..

“ Mah ada mobil angkot yang lagi main kuda- kudaan mah “ kata anaknya saat melihat mobil angkot sedang diderek.

“…….”

“ Mah … mah … ko diem mah… ayo maaaaah  itung lagiiii “ sambil geleng – geleng tangan mamahnya.

“zZzzZ zzZzzZ “ mamahnya tidur pulas…

Tiba – tiba gw denger“ Mamah ada angkot yang di serudug orang ganteng mah, “ Lho ternyata motor gw nabrak bokong  angkot,. =P    
                                                           
Saat lagi damai – damai nya ngantri gara- gara macet ( damai = ngelamun ), yang ada di pikiran cuma bagaimana biar bisa cepet nyampe rumah, nah disitu banyak bermunculan gaya – gaya baru dalam dunia ngantri waktu macet ( di bilang ngantri karena emang udah terlalu panjang ) ada yang sabar banget jalan perlahan –lahan, kalem mungkin dia ngamalin slogan “ biar lambat yang penting slamat “ , ada yang ga sabaran, dikit –dikit nabrak, dikit – dikit nyenggol semau dewek, ya mungkin waktu ngamalin slogan “ kalau bisa lebih cepat kenapa harus lambat “  masih belum tamat karena seharusnya cepat juga harus merhatiin orang lain.

 Yang lebih kreatif ada juga yang ngga pelan -  pelan tapi ngga serudug – seruduk tapi bikin suasana semakin panas, aksi mencet klakson.. tin… tin… seperti yang belakangan ini gw baru alamin, lagi asyik –asyiknya nunggu giliran jalan, emang langi bener – bener padat ngerayap, dan saat itu gw emang lgi ngga pengen kebut – kebutan ( gimana mau ngebut juga ya ) lagi pengen nyantai lah menikmati setiap jengkal perjalannanya, setapak demi setapak yang gw lalui, lagi terima nasib kalau saat itu lagi MACET, ( walau dalam hati berkata lain = Dongkol )

 tin… tin…

Tiba – tiba klakson pertama bunyi, padahal gw pikir gw aja dari tadi belum maju- maju kenapa juga harus di klaksonin dari belakang, tin – tin… bunyi klakson kedua, tetep tidak gw hiraukan, toh gw pikir gw ngga bikin kesalahan, bikin kagok yang belakang dan sebagainya, karena ngga mau ambil pusing gw tinggal nanyi saja untung menghibur diri… la,,,, la… la…. Lalalalala…dari bisingnya jeritan klakson yang lagi pada galau dimana – mana.

 tin…. tin…. tiiiiiin…

 klakson ke tiga pun mulai berkumandang dan terdengar lebih panjang, yang gw lakuin cuma tungak tengok kiri – kanan, nyari celah biar ngga stress sama yang nglaksonin di belakang, sialnya emang ngga ada, emang harus tetep antri… sabar – sabar… , 

tin…. tin…. tiiiiiin…tiiiiiiiiiiiiin….

 Klakson yang ke empat ini bikin gw rada jengkel juga, serta merta gw pingin teriak, protes nengok ke belakang pingin tau siapa sih yang udah gangguin hidup gw, perjalan gw, privasi gw, suasana damai gw, waktu sendiri gw, waktu tenang gw, jiah kesannya. .  siapa sih orang itu, pingin rasanya gw damprat aja, apa perlu gw kasih training gimana caranya pencet klakson biar terdengar lebih merdu, garing…

Pas baru mau angkat bicara sambil nengok ke belakang “ Woy Antr……..” , ternyata suara di belakang lebih kenceng, “ Udah lampu ijo kampreeeeet “ suara orang berbadan besar, berkulit hitam, lengkap dengan seragam polisinya. “ ……..trii  Eh…… ia pak “  langsung ngaciiir, kabuuuuuuur….  Dan ternyata gw, ternyata gw, gw dan ya emang gw, ngelamun… ( sambil ngatur napas ) dengan segala rendah hati gw persilahkan aja tuh jejeran motor di belakang gw buat jalan duluan, ambil dah… ambil jalan gw, ambiiil… langsung minggir, pesen es buah…  Sruuuup huuuuh adeeeeeem sensasi plooong….

31 komentar:

  1. melek mandi sarapan berangkat hihiiii kalo lagi mujur bangun gak telat, kalo telat sarapan ilangin, kalo telat telatttt banget mandi ganti cuci muka ihhhh .... *kaborrr*

    wkkwkwk :))
    gilaa.. macet emang nyebelin.. pernah di jaksel, perjalanan pake motor 5-10 menit sampe, pake taksi 30 menitan lebih sampe kedinginan AC *ndessooo* >,<V

    BalasHapus
  2. @mixmatchstyle Wkakakakak itu namanya ngga bisa di ajak kaya badan nya #plaaaaak

    BalasHapus
  3. Wkwkwkwk mantep banget ceritanya. gue kebetulan juga udah kerja jadi tiap hari punya rutinitas yang sama berangkat ke kantor pagi'' berteman macet,bisa jalan juga cumi seuprit-seuprit pengen rasanya gue tendang-tengdang motor yang ada di depan gue trus gue kasih karpet merah dan motor gue bisa jalan dengan santainya. *ngayal* :D

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah nggak tinggal di Jakarta, jadi nggak perlu menghadapi macet yang Naudzubillah itu. Alhamdulillah. :D

    BalasHapus
  5. hahahhahaha keren ceritanya.... kalo aq mentingin kesehatan tetep melek mandi sarapan dan berangkat alhamdulilah aq g ngerasain semacet ibu kota...

    BalasHapus
  6. @Noer.DdMuhahahaha ada yang ikut menghayal =D

    BalasHapus
  7. @Noer.DdMuhahahaha ada yang ikut menghayal =D

    BalasHapus
  8. @Kiky Saky Sekali kali ke jakarta Kiky jangan disemarang ajah #eh...

    BalasHapus
  9. huakakakkakakk... ngenes gilak emang nih gak tahan AC bang... -___-

    BalasHapus
  10. ngahaha ngakak :D
    ini postingan panjang juga, tapi bikin gue ketawa tawa sendiri :D

    BalasHapus
  11. wah wah uzay... uzay...
    tin tin tin..
    jangan melamun! lampu hijau =P

    macet x_x *aku paling gregetan kalo macet
    takut keserempet :|

    BalasHapus
  12. alhamdulillah yah.....

    benruntung akyu tinggalnya nggak di ibu tiri (baca : ibu kota) tp klo ngomongin panas semua jg sama global warming everywhere ma men :))

    BalasHapus
  13. haha, kota gue pun, Jambi, udah barabe macetnya -___-"

    BalasHapus
  14. di Bandung jg gak kalah ngeseliiiiiiiiinnnn...udah mah byk lampu merah and LAMPU IJONYA CUMA SAUPRIT SEDANGKAN KENDARAAN BEJIBUN UDEH KAYAK NGANTRI SEMBAKO....aaaaaahhh cepet tua klo gini..

    yup2 sependapat,,demi masa depan yg indah halah :D

    BalasHapus
  15. Ayoo hijrah ke batam!!
    Dibatam macet itu barang langka!!
    hahahaha...

    Lapor pak, uda difolbek ya..
    salam kenal, mari berkawan!!!

    BalasHapus
  16. gue pernah bang ngerasain macet yang bikin depresi pas demo buruh di kawasan cikarang. gue abis pulang PKL sampe rumah jam 11 malem, untung waktu itu naik bis jemputan. ber-AC wkwkw
    tapi besoknya gue masuk angin hahah

    BalasHapus
  17. kalo gue bang, bangun-sarapan-tidur dijalan.
    hehehe

    macet emang bikin kesel. Belum lg kalo kebelet buang air bang.rasanya mau tiba2 masuk rumah orang, minjem wc. (suer, ini lebih nyiksa, bang) :D

    BalasHapus
  18. macet itu sesuatu di ibu kota, :-D

    BalasHapus
  19. oh no.. macet,
    lirik kiri kanan...belakang atas bawah..
    gak ada tuh..he he

    terkadang gue sebel ama macet..lama banget, keburu pingsan gue..

    BalasHapus
  20. Jakarta emang nggak pernah sepi. Yang ada macet dan jalanan berdebu. Tapi masih beruntung yang punya motor. Ane selalu naik bus saat berangkat pkl ke kuningan macetnya minta ampun. Pkl di thamrin juga nggak kalah macet. Masa berangkat jam 5.30 dari ciputat sampai kuningan jam 7.45. Waduh... Gue enakin tidur di bus aja sob.

    BalasHapus
  21. hehehehe,,,sama nih, senasib...

    kategorinya kurang satu tuh,,,
    melek- mandi -berangkat-sarapannya di depan kantor...
    hehehe

    BalasHapus
  22. Hoaaaaam sudah ramai toh, hehe....

    makasih semua atas curhatannya... maaf ya ngga di bales atu-atu.. tidak mengurangi rasa hormat untuk semua.. *pidato..

    BalasHapus
  23. kalo ga macet bukan jakarta namanya.
    selama yang Qu rasain kalo lagi musim panas, wuihhhhhhhhhhh panasnya luarrrrrrrrrrrrrrrrrrr biaaaaaaaaasssssssssa sampe-sampe bikin kulit kebakar (harus rajin-rajin pake sunblock)
    kalo musim hujan kedinginan di jalan dan so udah pasti pada tahu-lah, kena banjir.

    BalasHapus
  24. tikus makan cet,
    macettt..
    males kalo sudah ketemu macet, apalagi kalo mo buru-buruu...ugh!

    BalasHapus
  25. kalo kata seorang ustad *ceileeeh* macet itu melatih kesabaran dan membuat kita merenung sudah sejauh mana kita bisa menghargai orang lain dijalan raya.. *brb *striptisdijalanan

    BalasHapus
  26. mele - berangkat.. hahahaaaaa gue tuh kalo kesiangan ngampus :D

    BalasHapus
  27. jakarta emang sumpek,, udah beberapa kali ke sana,, bwa kendaraannya pd gila2..
    bogor juga macet sih,, dan emang keseringan penyebabnya itu angkot yg ngetem.. fiuuuhh..

    BalasHapus
  28. kalau aku melek mandi berangkat beli sarapan (:D sarapannya di kantor aja karena udah kesiangan :P)

    eh btw uzay buku Serpihan Kacanya udah ada nih. Di kirim ke mana? emailin alamatmu yah ke yuyu_nf@yahoo.co.id

    BalasHapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)