Mei 18, 2012

Asyiknya Nge-BLOG ( Indonesia GO BLOG )

Oke untuk kali ini, blog yang sedang kamu baca ini lagi kedatangan seorang BLOGGER kece. kebetulan lagi senggang nyok atuh kita langsung berondong dengan pertanyaan-pertanyaan. Sebelumnya lihat dulu identitasnya.


By : Glen Tripolo


Nama         : Z

TTL           :Bogor,9 Januari

Hobi          :Blogging

Pekerjaan :Yang di cari bukan jabatan tapi dimana kita merasa di hargai.

Facebook     :  Z


  1. Halow apa kabarnya?? sebelumnya saya harus panggil apa nih biar lebih akrab??

Kabar, Alhamdulillah afiat kang, apa yang ada harus selalu di syukuri bukan?? biar ngga selalu merasa kekurangan. Hehe..  hmph.. panggil saja saya Z, inget loh pake Z bukan “J”.

  1. Wah, wah ternyata kabar yang saya dengar benar toh, kalau anda sensitif dengan huruf “J”?? Upz.. langsung saja yah berhubung wawancara kali ini bertemakan Indonesia GO BLOG, tepatnya NGEBLOG DEMI KEMAJUAN BANGSA, jadi sebenarnya anda sudah berapa lama masuk ke dunia blog??

Kalau terhitung di blog yang sekarang sih sejak November 2011. Bisa dibilang masih bau kencur yah. Hehe.. yufz sekali anda nyebut hurup setelah “I” itu, wawancara ini cukup sampai disini. *ini serius..

  1. Hahaha oke oke. Terus kenapa saat itu anda tertarik untuk mulai ngeblog??

Semua berawal dari hobi, kalau sudah hobi semua akan lebih nyaman di jalani. Prinsipnya cari dunia yang bukan karena tuntutan kita menjalaninya, tapi karena kita nyaman berada di dalamnya. Nah karena gw sejak dulu bisa di bilang hobi nulis cerita, suka baca-baca cerpen dan novel. Oleh karena itu gw belajar menulis lewat blog ini. Kenapa di blog?? Ya biar lebih rapi saja nyimpennya, di bandingkan harus di file Ms.W bisa bosen kalau mau dibaca ulang. Semacam koleksi pribadi gitu deh, dan kalau di blog tampilan tulisannya juga jadi rada keren, meskipun isinya masih amburadul. Syukur-syukur ada yang mau baca, apalagi kasih kritik dan saran itu bonus buat kita. 

  1. Bentar-bentar bung Z, saya mau mengutip kalimat terakhir anda “Syukur-syukur ada yang mau baca, apalagi kasih kritik dan saran itu bonus buat kita” itu bisa lebih di perjelas maksudnya apa??

Jadi gini, buat gw nulis itu seperti lo lagi ngaca jadi baik buruknya lo juga yang bangga, So sekalipun blog lo ngga ada pengunjungnya jangan risih terus galau, ujung-ujungnya jadi males ngeblog. Setidaknya lo udah punya satu point yaitu lo udah berani menulis. Kalau mau ramai yang dating coba rajin main-main ke blog tetangga, tapi yang sopan jangan cuma ninggalin jejak kaki kotornya dengan cuap-cuap yang ngga jelas. Selalu ingat prinsip siapa yang memberi dia akan menerima, memberi dulu baru menerima Hehe.. so bener banget gw.

Kembali lagi dari tujuan bikin blog itu sendiri, banyak banget kan blog yang lahir cuma atas dasar ikut-ikutan yang sudah tenar, ingin jadi terkenal seperti Raditya Dika atau si Pocong. Dan bermunculah wannabe-wannbe-an mereka yang pada ngga jadi dirinya sendiri. Padahal “saat bersandiwara dan berperan menjadi orang lain sebenarnya kita sudah mempertaruhkan setengah hak kita untuk selalu jadi diri sendiri “ bener nggak??, ya kembali ke apa yang di tanam itu yang di petik, seperti halnya untuk mereka yang terlalu berambisi untuk menang, tingkat kekecewaan pun akan meningkat lebih besar saat kamu di nyatakan kalah, begitu juga ngeblog saat ambisimu makin besar ingin seperti orang lain, terkenal dan mendapatkan sesuatu dalam bentuk materi dan sebagainya, saat jalannya buntu lo sendiri yang akan jemu, akhirnya blog lo cuma jadi pajangan di dunia maya..

  1. Terus apa bung Z pernah mengalami seperti itu?? Dan sebenarnya tujuan bung Z sendiri dengan ngeblog ini apa??

Jujur pernah, setiap orang pasti mengalami fase yang namanya adaptasi di dunia yang baru atau tepatnya mencari jati diri, awal ngeblog bisa di bilang gw juga ikut-ikutan makanya isi blog gw random abiiiis. Pernah gw posting ala absurd dari kehidupan konyol yang pernah gw alami. Dan saat itu ada dua benturan yang gw terima. Pertama kata mereka yang suka baca “lo lebih asyik postingan gaya kehidupan lo Z, meskipun gw tau itu semua curcol tapi disitu gw liat apa adanya ngga di buat-buat dari pada lo bikin cerita fiksi terus”. Tapi disisi lain mereka bilang “Jadi diri sendiri saja, ngga usah ikut-ikutan pingin kaya si Radit”. Nah loh?? Mana coba yang bener?? Apa cuma karena nulis absurd kaya dia semua dibilang ikut-ikutan??

Dari situ bisa di simpulkan saat menulis jadi lah diri sendiri, tulis apa yang lo mau tulis bukan apa yang orang lain mau baca. Sebab kenapa?? Selera pembaca itu beda-beda, kalau lo terus mengikuti selera mereka lo bakalan kehilangan jati diri lo sendiri.

Hmph tujuan ngeblog gw sendiri, seperti yang sudah gw singgung di atas, gw cuma ingin belajar menulis dan menyalurkan hobi biar lebih positip. Sama sekali ngga ada niat untuk jadi terkenal, biarkan perjalanan hidup ini mengalir adanya tanpa harus di buat-buat dan di paksakan. Syukur-syukur blog gw bisa ikut andil mengurangi polusi di dunia maya. Coba liat blog-blog yang berserakan diluar sana, yang isinya horor-horor dan berbau plus plus, ( berkonotasi jelek ). Padahal setiap kata yang keluar dari lisan ini ada ganjarannya. Kalau yang di tulis kata-kata baik yang memotivasi orang lain itu ada manfaatnya khususnya untuk diri pribadi, coba kata yang di tulis yang ngga pantas, dan menimbulkan banyak mudhorot buat yang membaca, dosanya sudah pasti kebagian juga kita. Terdengar sepele tapi kalau dibiarkan bisa menggunung. Naudzubillah…


  1. Wah tanpa  sadar bisa sejauh itu yah!! Satu kata yang bisa mewakili ngeblog menurut bung Z apa?? Dan sesering apa sih bung Z itu ngeblog??

Ngeblog itu ASYIIK, gw ngeblog bisa hampir tiap hari kecuali minggu *mental WIFI gretongan di kantor. Sampai-sampai teman di samping kursi gw saja bilang gini :

“Si Z itu 80% ngeblog, sisanya baru kerja. Jadi kalau di kalkulasikan dengan gaji, bersihnya cuma 200 ribu tiap bulan. Ckckckk”

Hahaha sumpeh yang satu itu jangan lah kalian tiru, pinter-pinter mensiasati saja yang penting saat bos minta laporan, tugasnya sudah di meja.

Buat gw pribadi ngeblog itu memang asyik, banyak sekali hal positip yang bisa kita dapat. Bisa nambah teman, tukar-tukar pendapat, sama-sama belajar dari berbagai hal, dapat info up to date, kadang ada perenungan, dapet motivasi, saling ledek-ledekan di komentar tetangga. Ya blog ini sudah seperti rumah sendiri yang rasanya tidak nyaman kalau sehari pun tidak di kunjungi dan di isi. (bahkan ada yang dapet jodoh loh lewat blog, udah banyak tuh buktinya). Dan yang secara umum tentu jadi tempat yang enak untuk mencurahkan segala sesuatu dalam bentuk tulisan. Makanya blog ini sudah semakin familiar di dunia maya saat ini, pasti ada rasa bangga sendiri karena kita sudah jadi bagian dari blogger Indonesia. Meski banyak juga sisi negatifnya. Ya itu yang ngeblog tapi tidak bertanggung jawab dengan apa yang sudah ia tulis. Prihatin kan kalau blog-blog yang gentayangan itu kebanyakan isi postingannya yang menjerumus ke konotasi yang ngga banget untuk bangsa ini, khususnya untuk usia yang dibawah umur. So, pertanyaannya adalah kalian itu bagian dari mana?? Yang sengaja atau tidak sengaja merusak generasi bangsa ini atau yang membangun cintra bangsa ini jadi lebih baik??

  1. Terus apa tanggapan bung Z untuk seseorang copast itu??

Aduh untuk yang ini bagaimana jawabnnya yah?? Hmph gini dalam dunia ini kan selalu ada hokum timbale balik yah?? Jadi ketika kita ingin di hargai, hargai dulu orang lain. Begitu juga hasil karya, kita tak pernah tau seberapa berharganya sesuatu di mata orang lain yang mungkin kita anggap sepele. Padahal saat izin baik-baik kalau memang maksud kita baik, yang punya ngga akan keberatan. Iya ngga?? Jangan jadi orang yang pengecut yang hanya berani main belakang. Hehe.. terdengar pahit memang tapi itu yang harus dikatakan.

  1. Terakhir pesan apa yang ingin disampaikan bung Z mengenai dunia blog ini??

Hmph apa yah?? Gw kan belum lama-lama banget nyemplung di dunia blogger ini. Hehe… yang pasti ayo yang belum antusias ngeblog, kita sama-sama ngeblog dari sekarang. Dan bagi yang sudah, keep blogging ya, jadilah blogger sejati yang tetap berdiri, berdikari jadi dirinya sendiri. Yang bertanggung jawab dengan apa yang sudah di tulis, niatkan diri dengan blog ini agar polusi konotasi di dunia maya semakin kecil untuk kemajuan generasi bangsa ini. Kalau bukan kita yang peduli lalu siapa lagi?? Teriakan dalam satu misi, satu emosi untuk Indonesia dan diri yang lebih baik. Udah ah itu saja semoga bahasanya tidak menggurui karena saya juga masih butuh banyak kritikan pedas dari semua. Dan semoga ada yang bermanfaat.


  1. Oke terima kasih atas waktunya bung Z kapan-kapan jika ada kesempatan boleh dong minta waktunya lagi hehe..

Siaaaaap, langsung saja yak kirim ke rekening saya hahahahaha….  


***

Sekian postingan kali ini, semoga dari hasil wawancara diatas ada pesan yang bisa di petik. mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan dan terima kasih untuk yang sudah mau baca.. semoga dengan BLOG -BLOG yang ada ini, bangsa ini jadi lebih maju. ayo teriakan Indonesia GO BLOG secara serentak.. ^.^

 

 

103 komentar:

  1. Salam Solid dari Blogger's Shout Out!

    BalasHapus
  2. Habis interview dapat bayaran ga bang??? hahahaa

    Taun lahir kok ga dicantumkaan ?? :p

    Kerrjaaa bangg, jgn nge-blog mulu kalo di kantoorr !!! :D
    Salaam SoliiDDD !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak yang interview langsung kabur.. =P

      Dicantumin kok tapi maya =D

      Iyaaaaah *dijewer bos..

      Hapus
  3. ceritanya lg di interview ni.. hihihi...
    salam solid bang... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Solid bu mimin yang baru =P

      Hapus
  4. Ya, jadi diri sendiri. beberapa teman bilang mereka lebih suka baca tulisan saya ttg curcol geje yg bisa bikin ketawa-ketiwi.

    tapi dunia kan gak melulu bikin orang ketawa-ketiwi. kadang-kadang perlu saling "tampar" buat nyadar hidup itu kyk roda. once u laugh out loud, another day u will cry a river.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju deh sama kamu... memang nyatanya lebih mudah mengajak orang untuk tertawa dibanding untuk merenung.. padahal tertawa bisa saja melontarkan hikmah yang sudah di dapat..

      Hapus
  5. Wah, kita sehati ya... sama sama mengangkat pocong ama Radit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga hati gw sama lo beda titik.. =P

      Hapus
  6. Ah! Well dia ini sopo to mas, PR atau apa ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibaca dong Zal, diatas ada keterangannya =P

      Hapus
  7. Isi wawancaranya bagus... Setuju banget deeh ^,^

    BalasHapus
  8. wah,,kayanya ini dialog bang uZay ama bang uJay nih :D

    salam solid bang!

    BalasHapus
  9. dari interviewnya bisa dapet banyak manfaat nih bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau ada manfaatnya =)

      Hapus
  10. Go Blog Indonesiaaa... :D
    jawaban wawancaranye cakeeeppp banget dah, gue demen gaya lo bang Z :D

    BalasHapus
  11. teriak-teriak INDONESIA GO BLOG...
    intinya jadi diri sendiri dan tetap istiqomah di jalan per-Blog-an ya bg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah secara garis besar seperti itu =)

      Hapus
  12. Menjadi diri sendiri di blog dan menuliskan apa yang ingin ditulis, bukan apa yang ingin dibaca orang.

    Suka dengan kalimat di atas bang Ujay :3 #digaplok

    BalasHapus
  13. paling terpesona dengan jawaban Bung Z yang kelima..
    boleh dong saya wawancara 1 pertanyaan aja sama bung Zzz..Bung Z kelahiran tahun berapa ya?? *dilarang ngeles* #serius
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ngga boleh ngeles oke deh saya jawab.. hmmph..gimana yah jawabnya hmmmm.... tet waktu habis tunggu sampai pariwara berikut ini... =D

      Hapus
    2. seriuasan Zzzz..inbok deh kalau malu KETUAANnya terexpose.. :P

      Hapus
    3. hahahaha kau ini -_____-

      Hapus
  14. Kalo mau belajar dari pendapat temen2 lain, dimana Zay? Thank's.

    BalasHapus
  15. ada2 aja nih si uzay...kreatif J..

    BalasHapus
  16. Hmmm *manggut-manggut*
    Bakal diinget terus kalimat ini "...tulis apa yang lo mau tulis..." hmmh siaaap deh! :D

    BalasHapus
  17. semangat pokoknya.......
    melalui blog kita bisa tambah teman dari daerah kita dan dari daerah2 yg ada di indonesia...juga bisa dari luar negri..hehehehe...

    oke maz uzay postingan nya...

    semangat.................ngeblog yuuuk

    BalasHapus
  18. hhmmmmm ... ^_^
    saya suka dengan kutipannya terutama nomor delapan ...
    ada beberapa yang mesti sya perbaiki setelah baca blog ini ..
    ckckkc ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo sama-sama lakukan perbaikan =)

      Hapus
  19. tulisannya melebihi berat badan ane ne kayaknya gan..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha masa seberat itu #eh... -_____-

      Hapus
  20. Bang Z, berarti uZay dong ya kan,

    BalasHapus
  21. bingung mw koment apa,,,
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibaca dulu nanti ngga bingung deh mau koment apa =P

      Hapus
  22. boleh juga energinya untuk nulis postingan ini. cukup menjangkau ke semua aspek deh. good.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake batu alkalin bang hehe,,

      Hapus
  23. wahhh kalo Z itu, berarti nama saya bro...hihi

    BalasHapus
  24. haahh... bener ngeblog dari nov 2011...
    Qu kira udah 2 atau 3 tahun ngeblognya coz isi blognya baguzzz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah coba diliat di complete profilnya..

      Hapus
  25. Bang zet :3 wawancaranya kece ya bang hahahaha

    BalasHapus
  26. Balasan
    1. Cie... cie,,, yang coment =P

      Hapus
  27. wah, kayaknya ada juga yang post beginian ..
    msudnya apaan nih bang Uzay ..
    ada event apaan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ituloh tentang BLOGGER SHOUT OUT! yang pernah gw posting bulan april lalu.. ini project pertamanya tanggal 18 kemarin jadi serempak membauat postingan dengan tema yang sama..

      Hapus
  28. Asik juga model penyampaian dengan tanya jawab..

    BalasHapus
  29. penyampaian pesan melalui sistem tanya jawab di atas itu keren banget sob... :) salam solid...

    BalasHapus
  30. bung Z, bisa jadi tokoh sentral yang sering tampil di postingan blog bang uzay selanjutnya :) wah pasti seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha coba kita liat nanti =P

      Hapus
  31. nih ane teriak "INDONESIAAAA GOOOO BLOOOOOGGGG!!!"

    ah tetep aj nyebutnya 'J' hohiohoho :))

    hehehe ya kurang lebih samalah sejarah kite ngeblog bang hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmmmmm kau ini kapan sembuhnya coba #eh..

      Hapus
  32. Bang Ujed, eh salah bang Zed.. yang mewawancara ini siapa??

    Wuihh... keren nih interviewnya...

    aku mau teriak... Indonesiaa Go Blooooooog !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kencang-kencang Youkooooooo =P

      Hapus
  33. Salah satu postingan yang juga out of the box cara penyampaiannya... Keren banget Zay... :D
    Gue enjoy bacanya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau pembaca enjoy =)

      Hapus
  34. Yang wawancarai cantik ya sob :)

    BalasHapus
  35. Wah saya minder banget nih
    udah postingan saya telat publish
    gak kreatif lagi,
    aduh duh duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan minderlah semua pasti ada nilai lebih dan kurangnya..

      Hapus
  36. Ujaaiii... panjang banget siihhh *siap2 dimarahin atau dicuekin :P

    4. setuja.. sapa yang menanam dia yang menuai, btw meniru orang lain itu boleh aja tapi ga menjiplak 100%, melihat ke orang sukses dan menjadikannya role model lalu mengembangkannya dgn cara kita sendiri 5. ada pepatah 'just go with the flow' tapi some people said that jangan begitu karena biasanya arus itu jatuh kebawah 7. km ga mau di copas buktinya kursornya di lock :P..

    koq di interview ga ada potonya?? hehe.. okay ada komen ku pertanda bahwa aku baca yaa postingan ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau ini kayaknya semua postingan gw dibilang panjang deh... hmmmm...

      arus memang pasti kebawah yak...

      itu ada poto gede banget hurup Z

      Hapus
    2. :)) emang panjang, coba ayoo bikin postingan 250 karakter :P

      Hapus
    3. Iya nanti.... hehe... itu terus yang jadi cerceran =P

      Hapus
  37. Okeh.. Baiklah bung Z..
    Setelah wawancara ini kita foto bareng dulu abis itu ambil kotak makan siang di pojok kanan ya bung.. :D

    Kereeeen euy.. tetep menginspirasi.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaaap emang udah lapar hahahaha...

      Hapus
  38. Saya udah metik pelajaran dari postingan Bang Jay yang ini, tapi saya kok juga metik kegalauannya, ya? Ampun, deh. .__.

    BalasHapus
  39. INDONESIA GO BLOG !!! *katanya tadi suruh teriak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok monggo teriak -teriak.. =P

      Hapus
  40. Ups, lg ada interview toh?
    aku kebagian gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebagian nasi bungkus ambil dipojokan =P

      Hapus
  41. Indonesia Go Blog...
    (teriak)

    Oh ya, udah selesai baca nih, no rekeningnya mana?
    Haha...

    Bahasanya asssiiik, sepertinya menggambarkan sang penulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha dia becanda #eh..

      Iya memang ini curcol yang dikemas dalam bentuk interview hehe,,

      Hapus
  42. Keren nih dialognya. Bisa buat Inspirasi nih kalo seandainya di tanya juga wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di catet kalau gitu =P

      Hapus
  43. Jadi ini seperti bertanya ke diri sendiri gitu ya haha JLEB bang yang ambisi menang dengan tingkat kekecewaan saat kalah berbanding lurus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe memang begitu kan No??

      Hapus
  44. Tulisan ini bikin aku semangat :)

    BalasHapus
  45. Wah asyik nih bang,ngasih pelajaran banget buat pemula kaya aku yang sering males-malesan posting hueheueheue top bang :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kayaknya kita sama deh umur blognya Rose =P

      Hapus
  46. Jangan pernah jemu2 teman blogger yang lebih dulu di dunia blog untuk ajak teman2 yang lain merasakan nikmatnya ngeblog. Alhamdulillah saya berhasil ajak beberapa. Jabat erat om

    BalasHapus
  47. Asli,
    keren banget bang penyajiannya,
    seakan akan kita ikut menyaksikan pembicaraanya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan nonton doang yuuk kita cation hehe..

      Hapus
  48. cieh, interview euy~ :D

    BalasHapus
  49. ternyata interview-annya XD ada juga ide yang seperti ini
    kreatif zay !!

    BalasHapus
  50. Rifqi @ iyeee..

    Ka Maya @ iya sekali-kali kak =)

    BalasHapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)