Mei 29, 2012

Frame 10R

Hari ini kembali aku rasakan getaran itu,
aku berdiri antara senyuman dan isakan. Ya, aku lihat senyumanmu sahabat, meski hanya di balik sebuah frame  berukuran 10R. Senyuman ceria di masa-masa kita masih bersama, ketika jarak masih tak jadi persoalan. Ketika kebersamaan masih begitu erat tanpa dinding pemisah. Rangkulan hangat dan candaan kecil yang kau hadirkan, ledekan jahil yang kadang membuat aku terpingkal-pingkal, sambil berjalan santai yang kadang tak tentu arah. Memang saat itu bukan untuk mencari arah, tapi hanya menikmati kebersamaan, dan berharap waktu akan lebih lama. Semua kenangan itulah yang kini membuat aku terisak. Aku merindukan kebersamaan itu kawan, dan pastinya kalian juga merasakan hal yang sama bukan?

(persahabatan)

Kadang aku iri melihat barisan semut hitam yang merayap rapi di dinding. Coba lihat meski jaraknya berjauhan, mereka masih menyempatkan diri untuk saling sapa atau sekedar say hai dan melempar sepintas senyuman. Hmmm.. rasanya kita kalah dengan mahluk kecil itu bukan? Lihat kesibukan kita kini, atau tepatnya hanya menyibukkan diri, semua itu seolah-olah membuat jarak sejengkal saja berasa panjang. Lalu di mana senyuman dan rangkulan hangat yang dulu pernah kita lakukan kawan? Apa ia ikut termakan jarak? Atau hanya karena kita sudah tidak peduli dengan semua itu? Ya, rasanya memang hanya tinggal Frame  berukuran 10R itu yang menjadi saksi bahwa kita pernah melakukan itu semua, bahwa kita itu sebenarnya bersahabat. 

Semut saja akrab

Jika kebersamaan kita dulu diibaratkan sebuah tali yang panjang, apa masih akan sama jika tali itu sempat terputus? Ya, bentuknya masih sama, masih terlihat sebuah tali. Tapi meskipun kedua bagian yang terpisah itu diikat kembali, rasanya tali itu kini tidak lagi utuh. Seolah ada jeda yang memisahkannya dan saat pemisah itu tidak lagi kokoh, ia kembali akan menjadi dua. Ia tak lagi erat. Hmmm.. apa persahabatan kita harus seperti sebuah tali itu kawan?? Saat tak ada lagi tegur sapa yang intens seperti dulu, apa masih sama rasanya dikala suatu hari nanti kita bertemu? Rasanya berbeda, dan itu yang kini aku rasakan. Aku merindukan sebuah tali persahabatan yang sempurna seperti dulu. Dan komunikasi lah yang menjadi penghubung keduanya bukan?? Apa kau berpikiran yang sama dengan ku sahabat? Aku hanya sedang teringat satu perjanjian kita sehari sebelum jarak itu datang, “Keep in touch!!” dan semua langsung mengiyakan. Apa kata itu kini hanya jadi hiasan? Jadi tak bersuara, hanya hiasan yang melekat di Frame berukuran 10R. Sudahlah inilah aku yang merasa kehilangan akan hadirmu.

Di sinilah aku berdiri
Mengenang pertemuan dulu
Kau tuntun aku mencari warna baru
Kini ku gengam dalam satu ikatan
Yang kita kenal dengan nama persahabatan

Di sini aku menanti
Teringat lambaian tanganmu
Kau ajari aku makna kesetiaan
Kejujuran dan kekuatan

94 komentar:

  1. hua...uzay aq baca post yang ini bikin nyesek aj, jdi teringan masa2 dulu sama sahabat2 semasa muda #plak dan sekarang jarang ketemu..... thump up

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, tadinya males ngeblog eh pas liat foto mereka jadi lahirlah postingan ini selama 10 menit -___-

      Hapus
  2. wajah lain di frame ukuran 10R pastilah mengindikasikan bahwa yang bersangkutan adalah istimewa. kalo tidak istimewa, standarnya 3R kan, hehe..

    di dua bait dari bawah ada kata "ikatan". menjadi pacar maksudnya kan?
    penasaran saya mengartikan, nembaknya lewat surat ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhehe.. ini murni untuk sahabat bang, yang cuma terlihat dari sebuah foto.. jadi ngga ada yang jadian..

      Hapus
    2. ohhh, kalo lebaran bukannya bisa ngumpul, gitu?

      Hapus
    3. jiah kalau keluarga sih bisa tapi kalau sahabat itu jarang bang =D

      Hapus
  3. :( i miss my best friends, kini semua sibuk dengan urusannya masing2, ga ada lagi saling celoteh dan komen ringan, semuanya lebih sensi ga ada lagi saling canda huhuhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah sekarang, hmmmm..... *diperjelas*

      Hapus
    2. sudah pada punya teman baru, life goes on :)

      Hapus
    3. Tapi bukan berarti yang lama begitu saja dilupakan..

      Hapus
  4. Sekarang aku rasakan itu gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beluuuum, nanti akan jauh lebih dari ini..

      Hapus
    2. JANGGGGGGGGAANNNNNNNN! Jangan sampai T___T

      Hapus
    3. Hoho itulah perjalanan ada yang datang ada yang pergi..

      Hapus
  5. ya itulah sepenggal perjalanan hidup yang mau tidak mau akan kita rasakan sekarang & nanti,tp bagaimana memaknai itu semua dengan bijak itulah yg terpenting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaah realita yang selalu berputar dimana ada yang datang ada pula yang pergi..

      Hapus
  6. nice, seperti yang aku rasakan bang, menanti pertemanku yang begitu erat itu kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabaaar suatu saat akan menemukan ikatan itu lagi..

      Hapus
    2. amiinn..aku harapkan begitu bang

      Hapus
    3. Pastinya meski di suasana yang berbeda =)

      Hapus
    4. tak apalah walau dgsuasana yang berbeda asalkebahagian dan keceriaan bersama itu bisa kembali

      Hapus
    5. Asyiiiik itu yang di harapkan.. =)

      Hapus
  7. 3 tahun yang lalu aku pernah nangis kek film2 dibandara yang skenarionya seperti ditinggal pacar. tapi waktu itu aku ditinggal sahabat yang udah kek saudara aku sendiri. rasanya sesak sendiri,udah kebiasaan tiap hari ketemu,berbagi cerita,kadang berantem dikit dgn beda pendapat,kadang nangis bareng tapi itulah uniknya sahabat mereka cepat ngapusin luka kita disaat yg lain tutup mata dan telinga dengan susahnya kita.

    hanya itu saja,dipisah oleh jarak karna sama2 ingin ngelanjutin study diluar.
    satu hal yang ke lima temanku blg "kita ketemu karena study tapi kelak dan saat ini kita dipisahkan karena cita2 kita masing"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beeeeeeeeuh comentmu bikin gw makin merinding niz -___-
      suatu saat akan kembali dengan nama harum masing-masing yang berhasil membawa cita-cita =)

      Hapus
    2. Rangkaian katanya manis sekali. Ngomong-ngomong tentang persahabatan aku bukan orang yang banyak teman, tapi kalo temenan bisa sampe lamaa. Sama temen TK masih akrab aja.

      Pas baca kalimat ini "Ketika kebersamaan masih erat tanpa dinding pemisah" yampun... udah beberapa kali pisah sama sahabat gara-gara pindah tempat tinggal dan pindah sekolah :')

      Hapus
    3. Realita ya Lu yang mau ngga mau harus di hadapi.. karena hidup ngga hanya berdiam diri di satu tempat banyak persimpangan-persimpangan juga yang harus di lewati..

      Hapus
    4. Ya RAbbal 'alamiin.. ayo tunjukin kalau kita juga bisa sejajar seperti mereka

      Hapus
  8. kata2nya bagus gan :) speechless dah ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ngga butuh tissue kan?? =D

      Hapus
  9. Wawww kehidupan ya... dulu dekat sekarang pergi.
    Pukpuk mas uzay~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah aku apa mbak una?? hoho..

      Hapus
  10. Lagi ligat foto kenangan ya sob? Rindu persahabatan seperti dulu sebelum talinya putus hehehe....

    BalasHapus
  11. gue jadi kangen sama sahabat masa smp nih. *galau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaah lagi musim galau -___-

      Hapus
  12. Untuk teman...

    Terima kasih kerana terus berada di sisiku...
    meskipon aku susah...aku senang...kau tetap mendampingimu...
    dan sesungguhnya aku bangga menjadi temanmu....
    (^^,)

    BalasHapus
    Balasan
    1. WOW! standing aplooos..... =)

      Hapus
    2. *mendampingimu = mendampingiku

      hehehe... Uzay...
      SALAM PERKENALAN ya...

      cantik blog nya...

      Hapus
    3. Saling mengait dan melengkapi =)

      Iyah salam kenal juga dan gw Uxay bukan Uzair hehe...

      Hapus
  13. wahhh, sama kaya gua nih,,
    gak tahan gua pisah sama temen2 sperjuangan di SMA, gua cuman bisa ngingatnya lewat foto2..

    wahh, gak bisa lagi ketawa bebas, pokoknya gak bisa lagi asyik2 bareng dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah realitanya...

      Hapus
    2. habbis mau bagaimana lagi dah sob...

      kan udah terjadi, kita hanya bisa melewatinya saj :((

      Hapus
    3. Hehe tinggal di nikmati berarti..

      Hapus
  14. wah kata2nya mnyentuh memenggil memori yg lama terpendam bersama sahabat terbaik,, nice narration,,, nice blog,,, nice boy,,,,

    BalasHapus
  15. wah teringat masa lalu nie ya bang. ehm, makanya lain kali jangan di liat bang, jadi ga keingetan.. heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha briliant idenya bang =D

      Hapus
  16. kebersamaan itu gk hrs dlm wujud yg sebenarx.., walaupun jasad kita tdk bersama tp hati ini selalu bersama.., ibarat org mengucapkan selamat hari raya tuk org jauh.., walaupun tangan tdk berjabat tp hati yang berjabat... :)

    BalasHapus
  17. ah, jadi kangen temen-temen jaman smp dulu kan :'>

    BalasHapus
  18. Persahabatan itu bener-bener indah kawan. Kayaknya kangen dengan suasana yang dulu. Saat-saat masih bersama. Sekarang terpisah jarak ya kang? Masih bisa komunikasi via handphone nggak kang. Paling tidak kalau masih bisa berkomunikasi kan masih bisa merasakan kehangatan seperti yang terlihat dalam frame 10R

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang masih ada yang tenggelam.. itulah sekarang..

      Hapus
  19. Knapa tulisan dikau selalu keren sih Jay? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah ada yang berlebihan kayaknya =P

      Hapus
  20. wah infonya bagus sob..
    sangat bermanfaat & lengkap lagi..
    makasih ya :)
    salam kenal :)




    #Happy BLogging :D

    BalasHapus
  21. Huaaaaa... jadi kangen ame amel kribooo..:D
    tapi sayang 10R itu sekrang entah kemana =,=

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa tuh mpok?? gw kenal kah?? pastinya nggak hoho...

      Hapus
    2. Die mantan majikan gue #lho :p hahahaha
      biase temen gila2an ^_^

      Hapus
    3. Biasanya yang gila-gilaan makin berasa akrab yak.. =)

      Hapus
  22. Tulisannya bagus,,:) tapi kmu ga lgi nangis kan pas nulis ini?? hehe

    Mmg pada akhirnya akan seperti itu,, "semua yang datang akan pergi"..

    Sahabat,,. saya baru ngerasain arti sahabat saat sekarang ini.. Hmm I love my friend.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga kok hoho..

      itulah hidup yang harus siap di jalani..

      jaga baik-baiklah sahabat itu..

      Hapus
  23. Jadi keinget temen2 dekat di kampus yang sekarang udah pencar2. Tiap liat album foto sama mereka, muncul deh kangen yg menggebu2 :(

    keadaan tak pernah bisa lagi sama seperti dulu. But that's life :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaah itulah yang dirasa sekarang...
      huum itulah hidup =)

      Hapus
  24. makasih infonya gan! Haha
    eh?
    Gw ga tau mau komen apa. :-D Yg jelas, gw terbawa suasana, dan ini membuat gw seolah2 ngerasa, kalo sahabt yg lu maksd it adalah gw. :-D gw bangga jadi sahabat lu Zi! Xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal terharu gw pas denger lo ketawa di akhir ckckck

      Hapus
    2. Sudah seharusnya karena lebih enak tanpa ketawa #eh..

      Hapus
    3. kenapa sih ga boleh ketawa?

      Hapus
    4. Karena disini gw menulisnya diwaktu sedih, kalau lo ketawa kaya ngeledek makanya gagal terharu..

      Hapus
  25. Kenangan lama teringat kmbali

    BalasHapus
    Balasan
    1. yufz.. akan selalu teringat..

      Hapus
  26. bang uzay postingan bikin aku ingat akan sahabatku yang sekian lama sudah tak lagi bertemu denganku..dan kbrnya pun tak ada...jadi muncrat air mataku :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuuuh akhirnya seraaaam ampe muncrat gitu #eh...

      yaaa selalu ada kenangan tentang mereka ya..

      Hapus
  27. hebat, semubah kenangan yang di tuliskan dan di hubungkan dengan alam sekitar, termasuk semut. ko bisa ya, tapi itulah persahabatan. iya, kadang keegoisan kita yang bisa menjadi jurang pemisah, tapi kita masih bisa menyimpan kenangan itu, membuatnya tetap hidup di hati kita. :D

    perasaan aku pernah koment, tapi ko ga ada ya? apa di trit lain ya? yang ada 10nya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok bang itu diatas yang cerita anak kost tapi linknya mati..

      Hapus
  28. jadi takut besok silturahmi nyha bakal putus kalo udah lulus... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya KIT nya di jaga yaa dari sekarang =)

      Hapus
    2. Keep In Touch ikaaaa.... itu diatas ada -___-

      Hapus
    3. kan di atas nggak ada tulisan KIT nya... -____-"
      makasih Bang... :)

      Hapus
    4. kan ada panjangannya ikaaaaaaaaaaaaaaaa... *gemez

      Hapus
  29. Postnya abang yang ini membuat galau massal! -____-

    BalasHapus
  30. Uzaayyy..two thumbs up buat postingan lu kali ini..
    gw juga lagi ngerasain itu semua zay..:(

    BalasHapus
  31. jadi ada perasaan kangen yang luar biasa
    *entah kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm please jangan mengingatkan ku lagi ka -___-

      Hapus
  32. sahabatku, aku pengen ketemu sama kalian...
    (.>_<.)

    BalasHapus
  33. Ya ampun uzay dari mana kamu dapat kata-kata sebagus ini ^^

    BalasHapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)