Januari 05, 2020

30HBC2005 - BATASAN SABAR

Bila sabar masih butuh batasan, tidaklah mungkin dinamai kesabaran. (Mungkin) kadang sabar tiap orang yang berbeda bisa menjadi alasan, pastilah lebih menghargai perasaan.

Pada dasarnya kesabaran itu tidaklah memiliki batas. Sampai sini sepakat? Apalagi bagi seorang muslim yang sudah sewajarnya fitrahnya ingin selalu bersama Allah. Yang selalu ingin diaku rabbnya.

Muslim yang cerdas akan selalu sungguh-sungguh menjaga hal demikian. Karena apabila mereka kehilangan sabar sekali pun, sama saja sedang sengaja menjauh dari Allah. Naudzubillah.

“Dan bersabarlah! Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal:46)

Akan tetapi kadar kesabaran seseorang boleh jadi berbeda-beda, sesuai dengan kelapangan hatinya dalam menerima suatu kejadian. Dipengaruhi oleh seberapa bijaknya dalam menyikapi keadaan. Jadi, sudah seharusnya kita tidak memukul rata begitu saja tentang kesabaran seseorang. Apalagi sampai menuntut untuk selalu dimaklumi. Boleh jadi mereka inginnya tetap sabar. Akan tetapi karena kadar kemampuannya tidak sebesar dengan tekanan yang datang. Maka, robohlah sudah tembok pertahanannya. Istilahnya, sudah di luar kemampuan.

Dan apabila sudah saling memahami hal demikian, seharusnya kita bisa jadi lebih pengertian. Tidak sembarang membuat orang lain sakit hati karena tutur dan tidak tanduk kita. Menjaga kadar sabar masing-masing agar tetap (ny)aman.

Ada orang yang memiliki kadar kesabaran dengan menahan diri untuk tidak langsung marah. Apalagi sampai tidak membalas, meskipun kuasa untuk melakukannya. Lebih-lebih lagi kadarnya meningkat, apabila ia memilih untuk ikhlas mendoakan. Sebab tahu Allah cukupkan pahalanya bagi orang yang tidak membatasi sabar.

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

Mari mendidik rasa sabar dengan lebih baik (lagi).

@30haribercerita
#30Hbc2005
#30haribercerita
#quotezie_
#azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)