Januari 23, 2020

30HBC2023 - YANG TIDAK DIKETAHUI

Kalau direnungkan lebih dalam, ternyata sesuatu yang tidak kita ketahui, sesuatu yang sebelumnya tidak terlihat. Banyak sekali pelajaran yang membuat kita lebih men-tafakuri kebesaran Allah.
Pernahkah dirimu tiba-tiba takjub ketika melihat koloni semut hitam yang berada di pohon rambutan depan rumahmu yang sedang berbuah lebat. Kira-kira ada berapa ribu jumlah mereka?

Karena tidak pernah tahu aktivitas apa saja yang mereka lakukan, bukan berarti di dunia mereka pun tidak ada masalahnya. Barangkali satu dua hal ada yang seperti manusia. Sedang bingung memikirkan kekurangan air ketika musim kemarau. Atau rumah mereka tidak aman karena tertimpa air hujan yang berlebihan. Bisa juga mereka pun cek-cok dengan serangga lain. Atau bahkan sesama dengan semut?

Dari semua keributan itu kita sebagai manusia nyaman-nyaman saja tidak terganggu. Tidak kebisingan. Nafsi-nafsi. Kecuali ya memang sengaja memanjat pohon rambutan tersebut. Siap-siap saja satu dua menggigit. Dan yang lainnya menggerayangi masuk ke pakaian.

Itu baru satu makhluk ciptaan Allah. Bagaimana dengan makhluk yang lebih kecil dari semut? Yang memang tidak bisa kita lihat dengan mata sendiri. Pasti lebih banyak lagi jumlah mereka. Dengan karakteristik yang beragam.

Dan contoh lain yang kita tidak pernah tahu akan hal itu, ketika kita sadari keberadaannya menambah rasa syukur dalam tafakur. Bukankah begitu?

Kira-kira berapa jumlah tasbih yang mereka ucapkan setiap harinya.

@30haribercerita
#30HBC2023
#30HariBercerita
#Azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)