Januari 11, 2020

30HBC2011 - TULISAN YANG LEBIH DULU MATANG

 Tulisan-tulisan itu lebih dulu 'matang' daripada penulisnya sendiri.
Penulisnya sendiri lebih banyak 'matung' untuk menjadi lebih baik lagi, daripada tulisan-tulisannya sendiri.



Setelah kemarin iseng mengecek tentang kontak di ponsel pintar. Hari ini cobalah untuk mengecek, sudah berapa banyak tulisan-tulisan yang berhasil di post di beranda rumah mayamu. Dari mulai tulisan retjeh, celoteh-celoteh ringan, maupun yang memang cukup panjang dan berat temanya.

Sebagai salah seorang yang terbiasa belajar menulis sudah cukup lama, terkadang saya iseng membuka kembali tulisan-tulisan lama. Semisal tulisan di blog azura-zie.com sejak 2011. Dan tidak jarang suka ingin ketawa sendiri dengan gaya bahasanya. Seolah tak percaya dulu pernah menuliskannya.

Tapi, karena itu pula saya bersyukur, secara tidak sadar seiring berjalannya waktu, tulisan-tulisan itu berproses menjadi lebih baik, dari mulai kosakata yang dipilih, EYD yang lebih tertata. Sehingga saya pribadi membacanya lebih nyaman. Meskipun saya akui masih banyak point-point lain yang masih perlu diperbaiki lagi.

Tapi, karena itu pula saya suka sedih, seiring berjalannya waktu tulisan-tulisan itu bisa lebih dulu ‘matang’ dibanding penulisnya sendiri. Tidak semua tulisan-tulisan itu berhasil diterapkan dan diaplikasikan untuk penulisnya sendiri. Miris.

Meskipun begitu, besar harapan apa-apa yang terlanjur ditulis semoga ada sedikit manfaat untuk tiap-tiap yang membaca. Minimal menemani dan menghibur, untuk sekadar berseliweran di beranda rumah mayamu. Karena semua itu kelak perlu ditanggungjawabkan. Dan tidak perlu sungkan bila ingin menengor, sekadar menasehati berupa kritik dan saran.

@30haribercerita
#30HBC2011
#30HariBercerita
#Tulisan
#Quotezie_
#Azurazie_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)