April 18, 2012

Jadi TONG SAMPAH

Sebagai seorang teman, pastinya kita ingin menjadi yang terbaik buat sahabat-sahabat kita kan?? dengan selalu ada saat dibutuhkan, menjadi pendengar yang baik, atau sekedar jadi bahu saat mereka butuh sandaran. Kalau gw sih biasa nyebutnya jadi TONG SAMPAH mereka, yang menampung semua keluh kesah dan segala unek-unek yang ada #eaaa..


Dan karena itu juga, gw punya slogan sendiri “mungkin gw memang tertutup, tapi gw selalu terbuka untuk orang lain!!” (ini udah pernah dibahas juga di blog gw, tapi lupa postingan yang mana, maaf yak -___-). 

Nah dibawah ini beberapa pertanyaan, unek-unek atau apalah namanya itu, yang gw dapet dari sahabat-sahabat gw. yang mau gw share disini, pertanyaan mereka sedikit pun ngga gw ubah. *it’s original

Loh kok curhatan mereka malah loe share sih Zay?? *langsung pada ngasah golok.

Tenang, bukan yang pribadi banget kok, tapi Insya Allah bermanfaat buat kita semua. Lagian kan siapa tau disini bisa dapet masukan lagi, nambahin jawaban gw buat mereka. Dan kalau sekiranya jawaban gw salah bisa dibenerin disini. Makanya dibaca aja dulu ye...

Makanya buru geura jangan bertele-tele.. *dikemplang

  • Langit yang mendung itu akan segera berlalu, lama ku tunggu tapi tak jua, malah berganti hujan yang tak kunjung reda. banyak orang bilang setelah hujan, akan segera hadir sang pelangi, yang indah dan ceria. Namun amat sangat jarang, akankah pelangi itu dapat hadir dalam hidupku?? #ini curhatan apa lagi berdendang?? ckckck, yang jelas ini pertanyaan dari sahabat gw, saat gw masih diperjalanan pulang dari kantor. Masih diatas motor.. puitis sih, tapi tetep aja terasa galau. Bagaimana jawaban gw?? simak!! 

"Tak perlu kamu menunggu sang pelangi, karena sejatinya pelangi itu ada dibola matamu. Sebab, dialah yang berperan membuat pelangi itu terlihat indah dan menawan. Dan kita tidak harus menunggu pelangi setelah hujan, karena pelangi itu bisa muncul kapan aja, dan dimana aja. Tergantung bola mata kita yang melihat. Bukankah hidup ini memang seperti pelangi, banyak memiliki warna yang beragam. Atau coba kamu lihat dan ciptakan pelangimu sendiri, kamu perhatikan gelembung –gelembung yang dihasilkan mainan sabun itu, bukankah disana juga nampak sebuah pelangi dengan spektrum warnanya yang indah?? Jadi bukan kah pelangi itu milikmu sekarang??

Sejatinya kebahagian itu milikmu. Ada dalam dasar hatimu. Karena hati yang berperan didalamnya. Kebahagian itu sederhana. Dan kesederhanaan itu kamu"

  • Apa yang sekiranya akan anda lakukan, ketika persahabatan anda dengan kawan-kawan mulai renggang. Atau bahkan hampir hancur. Hanya karena sedikit kesalahan yang anda perbuat?? #kalau ini curhatan, udah kaya lagi ngisi rubrik solusi di majalah ckckck.. yang ini gw dapet pas banget mau tidur.. *ngantuk woy malah dikasih pertanyaan bukan dinina boboin #plaaak.. Bagaimana jawaban gw?? simak!! 

"Pasti pertama yang gw lakuin minta maaf atas kesalahan itu, terus intropeksi diri dan coba cari tau sebenarnya apa sih hal dari terkecil sampai yang terbesar yang udah ngebuat persahabatan itu renggang. Sifat apa yang mereka ngga suka, coba pahami. dan berusaha memperbaikinya. Setiap orang mempunyai karakter dan pandangan yang berbeda. So, yang kita lakuin bukan memaksa semuanya sepaham dengan kita. Yang kita lakuin, bagaimana karakter dan pandangan itu menjadi selaras, siapa tau suatu saat nanti ada masa dimana pandangan kita itu yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang ada.   

Persahabatan itu seperti sebuah roda, yang terus berputar tanpa terhenti sampai tujuan. Tapi ada saatnya laju roda itu berjalan goyang ketika terbentur. Ada bagian yang mungkin penyok, kempes. Satu hal yang cuma bisa mengembalikan putaran roda itu agar kembali seimbang, dengan menambalnya. Memperbaiki yang rusak bukan menggantinya, sebab jika diganti, tentu roda putaran itu tak akan sama dengan sebelumnya, yang ada hanyalah putaran roda yang lain"
*
Udah ya itu dulu aja yang gw share, takut kepanjangan haha.., maaf yee kalau sekiranya jawaban gw ngawur dan terkesan sok tau, apalagi menggurui, sama sekali ngga ada maksud kearah itu. Makanya kalau kira-kira ada yang melenceng dari jalur, kasih komentarnya yang pedas dibawah okey! Lucunya seperti yang udah gw singgung disini. Kadang kita bisa memotivasi orang lain, tapi gagal memotivasi diri sendiri ckckck, dan ngga jarang juga saat kita yang butuh motivasi, ngga ada yang bener-bener bisa datang membantu *nyesek.. tapi yang terpenting, dari keluh kesah mereka kita bisa ambil pelajaran. Sudah selangkah lebih maju dengan mau menjadi pendengar yang baik. Dan selalu ingat motivasi terbesar datangnya dari diri sendiri. Sahabat hanya sekedar pemberi semangat dan masukan.

Segitu dulu ye ngebahas curhatannya. Kalau memang ada unek-unek juga seperti mereka, dan ingin dibahas bersama, silahkan gw selalu terbuka untuk semuanya, kirim aja ke email gw uzay0410@gmail.com. Kalau gw bisa bantu, gw bantu dan identitas terjaga *bukan promosi loh ^.^.. asal jangan ngirim pertanyaan “Zay bagi loker kerja dong??” yang itu gw bingung mau jawab apa, karena gw juga masih numpang diperusahaan orang hehe...

Dan yang mau tau tata cara curhat yang baik baca di blog ka NF yee.. 

Seandainya TONG SAMPAH bisa bicara, dia akan berkata seperti ini : 

"Sudilah sekali-kali kalian menengok aku, untuk sekedar membersihkannya, agar tetap berfungsi dengan baik. Jangan hanya datang untuk membuang sampah aja, lalu berlalu tanpa memperdulikan aku. karena aku ada, bukan hanya untuk tempat membuang semua sisa-sia, aku ada untuk membantumu mengurangi yang tidak dibutuhkan lagi. Begitu juga kami sebagai TONG SAMPAH kalian, sesekali kami juga ingin didengar, sesekali kami juga ingin dikasih solusi. Sesekali kami butuh motivasi.. "

42 komentar:

  1. hehe... iya sih memang benar, kadang kita dengan mudah memotivasi orang lain tetapi memotivasi diri sendiri tidak bisa....

    BalasHapus
  2. yang pertama, "e-mailnya ta' catett ya" :D

    yang kedua, sukaa kalimat dalam kotak merah :)

    teruslah bermanfaat bagi org lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama : silahkan unni, asal jangan dilaporin ke kak seto ya.. ;3

      Amiiin...

      Hapus
  3. gue minta nomer henpon lo aje bang, guw kaga punye email :p hihii

    kata2 TONG SAMPAH lo kerennn banget bang :D laik this yooo ^^ kapan2 gw copas ye...:p

    Gue juga kadang2 jadi tong sampah padahal kadang gue juga punye masalah, tapi gue seneng dengerin unek2 mereka <--jiaaaahhh curcol :p :p hahahaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak punya pulsaaaaaaaa #plaakk

      Monggo di copas terus di tempel disamping tempat tidur mpok, biar ngusir nyamuk.. XD

      Dan lahirlah UNEG-UNEG si Belo haha..

      Hapus
    2. Gue maunye tempel dijidattt aje, biarr inget terus ame bang Uzay #nggeeeekkk :p

      hahhaaii... taauuu aje kronologis lahirnye tuh BLOG #eaa

      Hapus
    3. Aw aw aw... aku tersipu, terharu dan meleleh.. #ngoooook ;P

      Lho, gw kok malah baru tau yah #eh..

      Hapus
  4. walaupun bukan cerpen, tapi gaya bahasa khas uzay tetap...
    moga kita bisa saling memotivasi ya bang^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin.... mari bersosialisasi..
      saling mendukung..

      Hapus
  5. kadang dengerin orang curhat kalo pasmood kita jg perlu dicurhatin menjadi sebuah fase KEHIDUPAN YG AMAT SUSAH...
    :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhehe.. tapi kita diminta untuk selalu ada saat suka maupun duka ya bang XD

      Hapus
  6. kalo denger temen curhat trs ngsih saran tuh kesannya enak bgt kata2 kita buat memotivasi mreka tuh mengalir luar bgt. tapi ehh giliran sendrinya lg susah sulit bgt buat merima masukan org :)

    aku ngk pnya email..aku minta alamat rumah aja kalo gtu. hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum punya rumah masih numpang sama orang tua niz.. #eaaaa..

      Nah itu-itu yang dimaksud.. XD

      Hapus
  7. paragraf pertama aku mau komenin :
    taelaahh sensi nih yee yg postingannya di kritik :P

    tulisan selanjutnya, komenku adalah :
    aku juga punya Tong Sampah, dan dia bener2 tong sampah karena semua permasalahanku selalu aku tuangkan kepadanya, anytime anywhere he will listen up, terima kasih yaa tong sampahku u are so precious to me.. *loh koq jadi ucapan thank u hihi*, btw dia juga menyadari koq kalau dia adalah tempat sampahku :D

    Quote nya oke banget tuh, dari dalam hati ya? pasti curcol nih :P

    Woyy namaku NF (Nurul Fadilah) bukan NP (Nurul Padilah), ganti2 nama orang harus bikin Nasi Kuning

    komen terakhir : postingannya masih panjang jadi komenku panjang juga :P *kabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama : Jiaahahaha ada yang ngerasa ni yee.. *syalalala

      Kedua : Siap-siap jadi TONG SAMPAH gw ya Kak. wkwkwkwk..

      Ketiga : Kenapa yang dari hati selalu dianggap curcol sih grrrrr!!

      Keempat : Upz!! Ampuuuuuun..

      *nggak baca yang terakhir..

      Hapus
  8. Balasan
    1. Apanya nih yang di lanjut?? XD

      Hapus
  9. jawaban bang uzay klo menurutku oke banget,,,!!!!
    dan aku tertarik dengan kata2 yg ada di kotak merah itu....
    aku malah merasakan bahwa aku selama ini adalah tong sampah.
    bagi ( ...) tk bisa di sebutkan!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertahankan bang.. setidaknya kita bermanfaat untuk orang lain.. =)

      Hapus
  10. Ahahah, jadi kesindir sama yang suka buang sampah sembarangan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh agan juga sama, bohong kalo ga pernah. Dosa loh wkwkwkwkw :p

      Hapus
  11. Jadi tong sampah orang lain banyak keuntungannya ya Zay. Masalah mereka bisa dijadiin ide nulis fiksi hihihihi...

    baguuuus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhehe.. iya Wury, selalu ada pelajaran yang akan kita dapat salah satu manfaatnya itu selain kuping jadi panas XD

      Hapus
  12. AAAAAAAAAAAAAAAAAA *Berisik oii*
    suka sama kata" TONG SAMPAH nya bang...
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhehehe si Laini nggak nyante...

      Syukurlah kalau kau suka =)

      Hapus
  13. aaah jadi pengen curhat sama kak uzay u.u *eh whahahahahaha
    iya kak, aku kadang cuma jadi tong sampah, tapi giliran lagi curhat malah ditanggepinnya ogah-ogahan gitu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mau curhat apa Dheya?? hehe..

      asal kita jangan seperti mereka ya dhe..

      Hapus
  14. suka sama semua jawaban bang fauzi. jawabannya bener aja gtu, cocok buat jadi psikolog wkwkwkw.
    suka deh sama kotak merah disana. sangat mengingatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiiin...

      kalau suka dicatet yee.. silahkan hihi..

      Hapus
  15. suka sama kata tong sampahnya (yang kotak merah ntu).
    nanti kalo buka biro konsultasi Qu daftar yang pertama ^0^ hehe...hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuuuh kaka duluan deh yang buka biro hehe..

      Hapus
  16. bang uzay :) :)

    aku suka banget sama kutipan tentang TONG SAMPAH yg dibagian akhir. Sangat mengena, karena terkadang pun aku merasakan diposisi tong sampah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe TOS kalau gitu gw juga ngena =)

      Hapus
  17. gue sering dijadiin tong sampah,byk temen curhat ke gue,tapi giliran gue mau curhat gak ada yg dengerin *ngomong sama tembok aja lah*

    BalasHapus
  18. kalo ujay ibarat tong sampah kalo aku sama temen ibarat radio dan pendengarnya. kadang aku jadi radio yg gk berenti ngomong dan dia jadi pendengar yg baik. ada kalanya dia yg jadi radio dan aku jadi pendengarnya. sampe sekarang kita masih begitu meski gk terlalu sering hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kompak yak, frekuensi Radionya berapa Sen?? bisa kali kapan-kapan gw yang didengerin #eh kebalik..

      Hapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)