Februari 01, 2020

KHANSASTORY : NAMAKU KHANSA

Fii Amanillah ya ayah bunda di manapun kini berada. Semoga Allah senantiasa mewarisi dengan kelapangan dada. Agar selalu dalam kesabaran untuk menjadi keteladanan.

Al Khansa adalah seorang pejuang muslimah yang memiliki arti nama : perempuan yang baik. Hurufnya pakai Kha dan Sin ya, bunda.

Nama pertamaku ini hasil dari musyawarah ayah @azurazie_
dan ibu @sekitar_putri dan menjadi pilihan keduanya untuk dijadikan nama panggilanku. Tapi, ayah bunda boleh memanggilku dengan nama Tazkiya atau Hayyin juga, ya.

Usiaku hari ini genap 18hari. Katanya sih sedang waktu-waktunya membuat bergadang, terutama ibu karena harus menyusui satu jam sekali.

Pernah suatu malam ayah berkata kepadaku : "Nak, terima kasih. Kehadiranmu secara tidak langsung mengingatkan ayah, bahwa dulu saat seusiamu pernah juga membangunkan Amah dan Apa, (kakek dan nenekmu) pada lelapnya tidur mereka. Menyita waktu istirahatnya dengan tangisan. Padahal Amah boleh jadi baru saja bisa tertidur. Pun, Apa boleh jadi sedang butuh-butuhnya istirahat setelah seharian bekerja.

Saat, itu pastinya ayah seperti kamu, tidak menyadari betapa besar kasih sayang keduanya. Betapa besar pengorbanan mereka. Masih tidak mengerti, yang kamu tahu hanya sekadar haus ingin menyusu, atau sudah tidak betah karena popok basah. Yang kamu mengerti hanya menangis lebih keras karena kebutuhanmu kadang sedikit terlambat terpenuhi.

Tak apa, Nak. Kelak, suatu hari nanti, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pemahamanmu. Kamu akan mengerti bahwa tidak pernah ada keluh pada keduanya. yang ditunjukkan di hadapanmu. Kehadiranmu meluruhkan segalanya, berganti dengan haru sepenuh syukur.

Seperti Ayah saat ini, pemahaman itu baru diterima setelah menjadi orang tua. Dan hanya bisa mendoakan setelahnya. Semoga Allah senantiasa merahmati keduanya dengan mahkota kebahagiaan. Dengan keberkahan hidup yang tidak terputus-putus. Maka, bertumbuhlah dengan baik menjadi anak yang berbakti. Seperti makna namamu. Khansa." Selepas mendengar ayah berkata demikian, aku tiba-tiba tersenyum, melirik ibu dan tentu saja melanjutkan menyusu.

@30HariBercerita
#30HBC2003
#30HariBercerita
#Khansatazkiyahayyinstory

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)