Juni 08, 2012

Ayo Dengarkan

“Pak–Pak! kok om-om, kakak-kakak disana kok pada ngobrol ya pak? ada yang maen hape juga!” sang anak bertanya sambil menggeleng-gelengkan tubuh si bapak yang sudah mulai mengantuk, "Padahalkan kemarin ade ngaji kata pak ustadz kalau lagi shalat Jum’at pas imam naik ke atas mimbar kita nggak boleh ngobrol pak!"


Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallaahu 'anhu, Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda,

إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَدْ لَغَوْتَ

“Apabila engkau berkata kepada saudaramu pada hari Jum’at, ‘diamlah!’ sementara imam sedang berkhutbah, maka sungguh engkau telah berbuat sia.”

“Apabila kamu menegur kawanmu saat Imam berkhutbah pada Sholat Jum'at dengan ucapan "DENGARKAN", maka pahala Sholat Jum'atmu menjadi batal. (HR. Al Bukhari dan Muslim).

“Begitu kata pak ustadz, merekakan jadi batal pak shalatnya.“ sang anak dengan semangat mengulas pelajaran yang waktu ngaji kemarin dia dapat.

Sambil masih malas-malasan sang bapak menjelaskan kepada anaknya:

“Bukannya batal dek, merekakan nggak pada hitut, hanya saja pahala mendengarkan khutbahnya berkurang."

Makna hadist yang tadi kamu bacain itu:

Hadist ini menerangkan kepada kita agar tidak berbicara ketika imam sedang berkhutbah di atas mimbar pada hari Jum at. Jangan kan berbicara, menegur orang lain dengan berkata kepadanya "dengarkan!" juga tidak dibenarkan.

Kata "SHOHIB" (teman), dalam konteks hadist ini meliputi siapa saja yang mengajak kita berbicara. Dipakai kata Shohib (teman), karena biasanya yang mengajak kita berbicara adalah teman kita sendiri.

Hadist ini menerangkan bahwa orang yang mengajak kawannya berbicara, ataupun orang yang hanya menasehati kawannya agar tidak berbicara dengan mengucapkan kepadanya "ANSHIT"--diamlah, maka shalat Jum'atnya tidak sempurna, karena kehilangan pahala, atau kehilangan fadhilah (keutamaan) Jum'at, sehingga pahala Jum'atnya hanya bagaikan pahala salat Dzuhur.

“Owh gitu ya pak, ko mereka pada asyik ngobrol ya?“

“Biarin, mungkin mereka belum pada tahu!“ dengan bijaknya sang bapak memberikan jawaban.

Sambil perhatiin orang-orang di pojokan yang sudah pada bikin pulau masing-masing. “lho kita juga kok ngobrol ya pak?” sambil cengengesan.

“Oh ia kamu sih yang mulai duluan.“ baru sadar sedari tadi ikut ngobrol sama anaknya bukannya tidur, upz maksudnya dengerin khutbah Jum'at.

“Yeee ade kan masih kecil belum baligh jadi ga apa-apa,“ sambil pasang muka polosnya, “bapak tuh yang batal!“

Dengan muka merah karena malu si bapak nyeletuk bijak “Biarin deh kita lebih baik, daripada itu-tuh yang pada di luar masjid malah nggak pada shalat.“ sambil nunjuk bus yang lalu lalang di depan masjid yang penuh penumpangnya.

Wahai orang-orang yang beriman,apabila diseru untuk sholat pada hari Jum’at,maka hendaklah kamu bersegera untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Demikianlah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (surat Al-Jumuah ayat 9)

Wa 'l-Lahu a'lam..... ^.^

50 komentar:

  1. naah yaa.. ketahuan, tadi pas Shalat Jum'at dapet ilham tuk bikin ini kaann.. anak kecil aja tau kalau lagi Shal-Jum jangan ngobrol tapi koq para bapak/om/mas malah ga tau.. malu doonggg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeeee salah yeeee ini repost dari postingan 2011, tau-tau inget pernah bikin ini hoho..

      Hapus
    2. tulisannya kurang terang *sakit mata bin silauu*

      Hapus
    3. iya ntar di otak atik lagi hehe..

      Hapus
  2. hahaha.. ini postingnya pas abis solat jumat atau pas lagi dengerin khutbah tadi ^_^v

    BalasHapus
  3. astaghfirullah, aku aja masih sering mas ngomong selama sholat jumat :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau kemarin-kemarin gpp zal karena belum tau, sekarang kan udah tau jadi jangan di ulang lagi ya.. sayangkan duduk lama-lama dengerin khutbah jumat kalau ngga dapet apa-apa =)

      Hapus
  4. Klo mlah kadang2... klo pas lagi shalat jumat ternyata ketemu teman buat ngobrol... #hadewwhhh ternyata gitu tooo....

    sob klo ada wktu senggang mmpir ke blogQ yah... Di follow jg boleh.,bersyukur malah...
    blog sobat sdh sy follow Follower ke 240.... :D
    pengen jlin siltrhmi n keakraban sesama blogger... ^_^

    salam kenal

    catatan si chumhienk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kan ngobrolnya bisa sebelum khotib naik ke mimbar atau setelah pulang jumatan... oke nanti ya insya allah makasih kunjungannya.

      Hapus
  5. Hihi sholat Jum'at emang harus khidmat kayak lagi upacara yah xD

    Ini tulisannya inspiratif sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi kau ini masa ibadah disamain sama upacara lu, *takol lulu =D

      Hapus
  6. cocokk..tulisannya pas nih, ini kan juga hari jumat..
    hayoo yang cowok-cowok mesti baca
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho mari baca-baca biar ngga rugi dalam beribadah =)

      Hapus
  7. boleh juga nih Bang Uzay. dapat inspirasi serta merta langsung hajar di tulisan. mantapb. gila abis!
    sayang emang ya orang2 yang pada jumatan, masih ngobrol pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sebenarnya ini tulisan lama bang, tiba-tiba keingetan aja pernah nulis ini. iya sayang banget keutamaannya berkurang ..

      Hapus
  8. Hayoo...bang Uzay tadi soljum-nye ngobrol ame siape #opss :p
    sori tadi gue cuti soljum soalnye lg tanggal merah.. xixixiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang Uzay kayaknya bukan golongan orang yg suka ngobrol pas khutbah berlangsung deh Mpok. Tapi golongan yg sibuk membuat pulau dipojokan.
      wkkkwkkkwkkk..

      #becandaaaa...
      :P

      Hapus
    2. Belo @ soljum itu yang dari korea itu pan ya? #plaaak
      Aiiih kalau si mpok lagi tanggal merah mah melimpir ah suka galak #eh...

      Enha@ bhahaha gw kan takolan bedugnya #lempar bakiak

      Hapus
  9. teguran nih. Tapi sebaiknya obrolan bpk dg anak ini diseting usai sholat aja, Zi. Biar kesannya tu anak terpuji gt, kyk lu ama gw. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa.. apa... kyk lu ama gw...????? *no comment :P

      Hapus
    2. Hadi@ bukan teguran cuma mengingatkan kadang hal yang sepele bisa jadi keterusan dan fatal secara tidak sadar

      Ka Nuf@ gw juga ngga setuju jadi ikutan no coment =P

      Hapus
  10. Klo aku gak sholat jumat, om ^_^

    Makasih sharing ilmunya ya Zay!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi gpp kalau mau ikutan juga ka mayya =)

      Alhamdulillah kalau bermanfaat untuk diri pribadi =)

      Hapus
  11. weehehehe ,,, sip sudah kutebak baca dari awal nih bapak sama anak ngobrol ,, diakhir cerita pasti menyadari kehilapanya hihi ...

    lucu sob ,,
    ini fiksi apa nyata ? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fiksi kok cuma buat mengingatkan aja hehe..

      Hapus
  12. nahhhh yang nulis ikutan ngobrol juga gak hayooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga dong udah tutup mulut rapat-rapat =D

      Hapus
  13. Subhanallah, keren bang uzay xD

    saya paling salut kalo ada teman cowok yg balik sholat jumat trus bikin kultwit isi khutbah yg tadi di dengar. Artinya dia nyimak bener2 kan ya. Asal jgn kultwitnya pas khatib sedang khutbah aja hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah hehe,.

      hihi gw malah suka ga ngudeng mereka ngasih isi ceramah apa #eh..

      Hapus
  14. jujur aja sob.. ane selalu ketiduran tiap kali khotbah. tapi setidaknya ane ga ngobrol atau ngganggu orang lain kan. hehehe..

    BalasHapus
  15. wah si bapaknya lebih bijak, iya darip pada mereka yang ga solat. hehe, ini jarang orang tau atau orang jarang yang mau tau ya. biasanya mahasiswa tu kalau di kampus pas solat jumat, ehm. ngobrol aja pas khotib naik, bapa bapaknya juga gitu. heran, pada belajar kaya gini ga ya? apa suruh ke sini aja ya, suruh belajar di blogmu. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pada ngga mau ambil pusing sih bang, cuma menganggap sepele, tapi selama mereka ngga tau sih di maafin cuma kalau keterusan kan rugi juga.

      boleh-boleh selalu terbuka disini.

      Hapus
  16. kasihan bapaknya yang punya anak kaya gitu.
    wkwkwkwkwk.
    jadi batal deh sholatnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini fiksi kok cuma buat sentilan aja makanya diseting kaya gitu..

      Hapus
  17. Waw! Kalo ustad kayak elo mah keren, Zay! Nerangin sbuah masalah jadi gokil, gak monoton! Mantep, dah! 20 jempol buat elo! ;-)

    BalasHapus
  18. bhahaha lo pake jempol rt mana bro banyak amat??

    BalasHapus
  19. tapi justru yang menjengkelkan adalah ketika yang ribut itu anak kecil.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang biasanya yang banyak anak kecil tapi bapak-bapak juga banyak hoho..

      Hapus
  20. Wah anaknya malah ngajak ngobrol bapaknya pada sholat jumat. Nggak sadar itu. Tapi masih mending dari pada nggak sholat jumat sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang cuma buat sentilan aja ni fiksi kok..

      Hapus
  21. postingannya bikin sadar !!! HAHAHA :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho? kamu kan ngga jumatan himi?

      Hapus
  22. daripada bicara, mending tidur sob. hehehe. ntar kalo waktunya sholat, pasti ada rang bangunin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya diusahakan ngga gitu juga =,=

      Hapus
  23. ngeselin kalau lagi kutbah teman di sebelah ngajak ngobrol, mau diam salah, mau ngomong...T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya di cuekin aja bang biar aman.. =)

      Hapus
  24. padahal dengerin khutbah nya nggak lama2 banget,masa iya ditinggal ngobrol sendiri...<===munafik...padahal kalo pengajian juga sering gitu!!

    BalasHapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)