Maret 19, 2013

Berhentilah, sebelum benar-benar berhenti

Berhentilah berpura-pura baik, jika memang keadaanmu sedang tidak baik. Percuma, tidak ada yang benar-benar bisa ditutupi, apalagi dari dirimu sendiri.

Berhentilah mengeluh, meski keadaanmu sedang begitu lemah. Percuma, sebanyak apapun keluh, keadaan tidak akan membaik sampai kamu bergiat bangkit sendiri.

Berhentilah menyalahkan diri sendiri, meski hukum sebab akibat selalu terjadi. Percuma, apa yang terjadi tak bisa kembali, lebih baik bersyukur masih ada kesempatan 'tuk perbaiki diri.

Berhentilah marah-marah, meski keadaan meninggikan emosi. Percuma, hanya menghabiskan energi yang tersisa, yang seharusnya digunakan untuk berkaca dari peristiwa yang ada.

Berhentilah meratap, putus asa selalu sigap menjatuhkan orang-orang yang hanya bisa meratap.

Berhentilah merajuk, sebelum keadaan semakin buruk oleh ulahmu sendiri, sebelum kesempatan yang ada tak lagi peduli.

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah” (QS. Az Zumar : 53)

15 komentar:

  1. yah...uraian yang sangat tepat sekali, dan hampir semua orang melakukan hal tersebut....

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata-rata pernah mengalaminya ya :D

      Hapus
  2. suka. setuju sekali.
    Kadang klo lagi sakit mulut ini ngeluh emak sakit hehe...

    padahal kita harus bertahan dngn kesabaran. karena sakit sepele atw berat.

    atau lainya sudah mewakili diatas. jadi inget abah waktu sakit dia gak nangis. Namun terlihat dia tak mengeluh hanya menahan sakit dengan meringis kesakitan.

    Diam emas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. :)

      Terkadang diam lebih dari emas, ada sesuatu yang sulit didefinisikan.

      Hapus
  3. ini ngena banget di isha... zie emang selalu bisa nulis sesuatu yg bikin isha ketar ketirr..

    zie pnya fb atau twitter ga? kan susah klo kmen d blog gni. klupaan pertanyaan isha di post yg mana ya hehe

    BalasHapus
  4. OK Bang Uz, siap laksanakan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lo nggak maksud menggurui loh bang.

      Hapus
  5. Lakukanlah kegiatan itu sesuai dengan kehendak hati, insya allah apabila semua itu dilakukan sesuai dengan kehendak hati tanpa ada unsur paksaan akan nyaman saat di kerjakan :)
    Niche blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice, tapi hubungannya apa ya?

      Hapus
  6. Lebih baik menangis daripada pura-pura bahagia, sebab dengan tangisan dapat melegakan perasaan atas luka dan duka.

    BalasHapus
  7. Ya bener kita harus menyadari kekurangan kita dan harus siap menerima keadaan yang tak sesuai. Yakinlah bahwa apa yang terjadi itu hanya sebagai ujian kesabaran kita agar kita tak lupa terhadap Allah.

    Jadi bersabar dan siap memperbaiki dirilah itu yang terbaik.

    BalasHapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)