Maret 03, 2013

Di mana Uzay Gingsull 'Hanya Tulisan' sekarang?

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ


Selamat semangat sahabat!
Selamat untuk semangat yang nggak pernah mau menyerah!
Selamat menikmati hidangan harapan baru yang sudah disediakan.

Untuk postingan kali ini, saya nggak menulis cerita fiksi. Saya mau berbagi cerita tentang perjalanan domain azura-zie.com blog ini. Untuk sahabat-sahabat blogger yang belum lama singgah ke blog ini mungkin belum tahu kalau awalnya judul blog ini Uzay Gingsull 'Hanya Tulisan' dengan alamat uzay0410.blogspot.com sejak November 2011 dengan template vespa antik (sayang nggak punya penampakan fotonya.)

Lalu kenapa sekarang berubah menjadi Lakaran Minda? Awalnya karena beberapa minggu lalu minat menulis saya sempat melemah, sampai-sampai blog ini terbengkalai, lama nggak update postingan terbaru dan blogwalking ke blog sahabat-sahabat di dunia maya. Karena hal itulah saya mencari cara agar mood menulis itu balik lagi. Dan mulai terpikirlah untuk merenovasi tampilan blog ini -hampir- secara keseluruhan. Hingga berujung membeli domain menjadi lebih pribadi.

Kenapa nggak dilanjutin nama Uzay Gingsull 'Hanya Tulisan' nya? kalau untuk alasan pergantian judul blog sih sederhana, cuma ingin tampil lebih dewasa, dalam artian nggak narsis-narsisan lagi namanya. Makanya diubah menjadi Lakaran Minda, lebih sederhana dan lebih terarah (Lengkap ceritanya di sini.) 

Terus kenapa nggak pake template vespa itu lagi? Sebenarnya ini juga sederhana, kembali lagi di awal tadi saya ingin merubah tampilannya, biar lebih sederhana. Kapan-kapan deh saya pakai lagi template itu. Dan saya sadari, sejak pengalihan alamat blogspot menjadi domain sendiri, statistik pengunjung blog ini turun drastis. Mungkin ini juga karena faktor intensitas blogwalking saya yang agak kurang sekarang (untuk yang satu ini rasanya saya harus minta maaf.) Dan kurang gencarnya saya dalam memperkenalkan blog ini ke mesin penelusuran.

Bagi saya nggak terlalu bermasalah banyak or sedikitnya pengunjungnya. Mengacu pada tujuan awal saya membuat blog dulu, hanya untuk sarana belajar menulis dengan lebih baik dan mencari bacaan-bacaan yang bermanfaat di dunia maya lewat blog-blog sahabat-sahabat blogger sekalian. Saya merasakan manfaat yang luar biasa selama bergabung menjadi blogger. Itu juga yang menjadi harapan saya, agar nantinya blog sederhana ini ada manfaat yang bisa diambil oleh para pembaca. Salah satunya menjadi taman baca yang positif.

Saya juga menyadari kalau nggak semua orang itu nyaman/suka membaca cerpen, cerita dalam bentuk fiksi. Lagi-lagi saya mohon maaf kalau blog ini lebih banyak menyajikan menu itu. Terus terang saya nggak terampil kalau harus menulis tentang kisah-kisah sehari-hari, nggak lihai juga kalau harus membahas tentang pengetahuan atau informasi-informasi yang sedang berkembang. Mungkin ini memang cara saya, lebih nyaman bercerita melalui fiksi, menyajikan pesan-pesan itu dalam bentuk karangan. Semoga lebih bisa dimengerti.

Mungkin itulah alasan sekaligus lebih mengenalkan blog ini, dari yang bermula bernama 'Uzay Gingsull 'Hanya Tulisan' menjadi Lakaran Minda seperti sekarang ini. Sebagai penutupnya, ada satu hal yang selalu saya ingat dan gigit kuat-kuat, sebuah pesan dari sahabat saya yang belum pernah sekalipun saya temui. Suatu ketika dengan jarak yang menurut saya sangat jauh, ia mengirimkan selembar surat hanya untuk mengingatkan saya satu hal:

Jangan Kalah, Zy!!

Jangan pernah mau kalah! Itu pesannya. Saya percaya dengan kekuatan sepotong pesan itu, sangat teramat percaya, dalam keadaan apapun kita sudah seharusnya nggak boleh kalah. Saya berdoa semoga sahabat saya satu ini selalu istiqomah dan diberi kekuatan oleh Allah dalam mengejar impian-impiannya. Seperti pesannya untuk nggak boleh kalah dengan keadaan. Aamiin. Semoga doa dariku terdengar merdu Tuhanku dan tersampaikan untukmu dengan sebaik-baiknya penyampai pesan sepertiga malam.

Dan tiba-tiba saya teringat satu pesan lain yang kekuatannya sama besar bagi hidup saya, pesan 3kata dari alm sahabat saya Heldi Sofian, ketika saya sedang mengalami kesulitan, ia selalu menyindir saya dengan kalimat ajaibnya : 

"Cukup 3 kata buat lo Zay, MASIH KAKU AJA!" pada suatu hari yang kini hanya menjadi kenangan tak terlupakan. Semoga alam barumu selalu lapang sahabatku. Aamiin.Semoga doa dariku terdengar merdu Tuhanku dan tersampaikan untukmu dengan sebaik-baiknya penyampai pesan sepertiga malam.

Sekian untuk cuap-cuap kali ini, mohon maaf kalau penyampaiannya terlalu kaku. Anggap saja itu bukti saya nggak lugas kalau harus bercerita seperti ini *smile...

Tulislah apa yang kamu hendak tulis, bukan yang orang lain ingin baca.

*Geist!

42 komentar:

  1. Tapi sayang lo, nama domainnya pakai tanda strep antar kata , kenapa tak gabung saja, atau mungkin langkaranminda.com lebih keran. Saya ngeblog juga tidak memperhatikan dan perduli dengan jumlah komentar, yang penting saya bisa menyalurkan hasrat nulis, rasanya sudah plong. Tidak ada yang koment t etap membuat postingan.
    Tetap menulis siapa tahu nanti jadi pengarang novel yang hebat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, masalahnya sebelum nentuin judul blog lebih dulu pesan nama domaiinya. Dan ga kepikiran kalau ternyata pake - itu...
      nggak punya cita-cita juga jadi orang terkenal hehe...

      Hapus
    2. Sewa setahun kan ? nanti bisa diganti. Bukan orang terkenal tapi orang dikenal itu yang lebih penting :D

      Hapus
    3. Iya bang setahun dan masih lama ini aja belum genap sebulan. Nah yang itu boleh boleh :D

      Hapus
  2. zay, kucingmu di sebelah, kalau muncul di laptopnya kepalanya ilang huhuhuhu.... aku stres

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lho kenapa bisa begitu. Kucingnya ga bisa digeser lagi kecuali dihapus.

      Hapus
    2. gatau zay aku kan sering bw malam, pulang kantor, tiap datang kesini, kepalanya mesti muncul belakangan. jd cuma muncul buntutnya goyang2 sambil dia mendesis desis gitu... dulu malah nyeremin lagi, gede banget kan zayyy huhuhuhuhu tolong!

      Hapus
    3. Alamak haha, kau ini nulis tentang atran yang .... berani masa sama kucing imut ini takut #eh

      Hapus
  3. Kunjungan pagi mbak.. Salut deh ma bloger cewek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamak? hahaha thanks udah berkunjung.

      Hapus
    2. jadi uzay sebenarnya cewek? :D

      Hapus
    3. Aduh kamuuuuu? hahaha

      Hapus
    4. ternyata, kamu SHE MALE?
      wkwkwkwkwkwk...
      XD

      Hapus
    5. Hahaha ampun deh satu orang lagi bisa dapet gelas :D

      Hapus
    6. eh, uzay beneran cewe ya? :D

      Hapus
  4. ini namanya mengalir Bang. asyik aja. lakukan saja apa yang ingin dilakukan. toh nggak bikin orang lain rugi koq. lagian bagus koq, positif koq. ada perubahan paradigma yang mengiukutinya. dan saya ada di tempat yang memberikan ucapan: selamat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat! Jadi diri sendiri jauh lebih baik.
      hehe...

      Hapus
    2. terkadang juga perlu untuk merubah 180 derajat blog kita. Saya juga pernah mengalami hal serupa. Pengen hiatus tapi sayang, ya sudah di rombak ulang ajah, itu jadi dot com , bbaru ya .. hehehe ...

      Hapus
    3. iya setuju. Blog ini belum genap sebulan ganti domain.

      Hapus
  5. iya, bener, kak. kenapa ga digabung aja nama domainnya? biar gampang diinget, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau digabung agak aneh bacanya, jadi disisipi strip.

      Hapus
  6. Menurut gue gak masalah Zay, asal ada konsep dan ltar belakang dibalik perubahan itu menurut gue sah-sah aje.. maju terus cuy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah kalau begitu bang hoho... yang penting blog ini beridentitas jelas ya :D

      Hapus
  7. Saya suka dengan blog ini ,sangat enteng loadingnya, Tidak seperti punya saya, wowww lumayan olala oliliiii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang cukup berat kalau lagi bewe ke sana hehe...

      Hapus
  8. "Tulislah apa yang kamu hendak tulis, bukan yang orang lain ingin baca."

    SUPER Sekali mbak Zie...
    wkwkwkwk.. eh mas dink eaaa,, :P

    blog yg ini lbih cepet lodingnya dri yg dulu. Plus sekarang bisa klik kanan. hahaha.

    - Aku sekarang juga jarang BW Jay...
    + "kyaaaa.. JAY kamu bilang!?"

    ( ͝• ˄ ͝• )

    BalasHapus
  9. Saya sangat sangat sangat rindu membaca tulisanmu, akhirnya ketemu juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm, kemana aja kau? hampir aja membuat zie takut.

      Hapus
    2. ah...tidak, sepertinya memang sedang tenggelam dan tak ingin muncul lagi ke permukaan.....

      Hapus
    3. Begitukah? hmm.. baiklah :)

      Hapus
  10. aamiin,
    ternyata sejarah untuk berubah nama situs dan url berawal dari tidak ada-nya mood...jangan kalah,,,,itu kata yang sangat membakar jiwa....keep smile and keep happy blogging always :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap bang, sukses selalu juga untuk blognya ya.

      Hapus
  11. kunjungan perdana nih sob.. :D ehehe

    BalasHapus
  12. Beeuh uzay, pantesan waktu sy klik dari fren list yg sy buat di blogku ga kebuka, ternyata ganti domain, berarti sy edit fren list lagi nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak nis, maaf udah ngerepotin yoo...

      Hapus
  13. oh, jadi ceritanya bang Ujay udah tua, eh dewasa?

    hihihi, ayok dibikin lengkap bang genre tulisannya, biar pembaca banyak pilihan, biar bisa beneran kayak taman bacaan.
    etapi, terserah yang nulis sih, masak terserah yang baca, nanti rikuesnya banyak banget dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaaaah, terserah penulisnya dong :)

      Hapus

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)