Maret 06, 2016

SEPUTAR RUANG BACA : SAUNG ALIF

Selamat datang di SAUNG ALIF.

SAUNG ALIF adalah sebuah mimpi besar yang sedang saya rintis, menjadi sesuatu yang dikategorikan penting untuk masa depan saya. Sebuah ruang sederhana, tempat berjejernya koleksi berbagai macam buku di sana. Sederhananya sebuah ruang baca.

Jika mengutip dari perkataan Kang Abik (Habiburrahman El- Shirazy) :

"Perpustakaan adalah otaknya sebuah kota. Jika ingin melihat otaknya sebuah kota, kunjungi perpustakaanya. Jika ingin tahu otak sebuah rumah, lihat ruang bacanya." (IBF 2016)

Rencananya SAUNG ALIF akan menjadi otak dari ruang baca itu, tempat lebih dari seratus lima puluh buku yang terkumpul sejak tahun 2012 (semoga bisa terus bertambah).

Untuk seseorang yang cukup suka membaca dan menulis ini menjadi mimpi yang sangat berharga. Tentunya akan lebih menarik dan bermanfaat jika ruang baca itu bisa sampai dinikmati oleh banyak orang yang juga gemar membaca buku. Saling tukar meminjam buku misalnya, atau menjadi tempat yang nyaman untuk berjam-jam membaca di sana.

Makanya sudah berjalan kira-kira dua tahun ke belakang proses kegiatan ruang baca ini, yang sekitar dua bulan resmi saya beri nama SAUNG ALIF. (Terinspirasi dari naskah novel pertama saya yang berjudul : NafAs 2 Masa, 2013).

Salah satu kegiatannya adalah memberi kesempatan untuk yang ingin meminjam buku. Dengan beberapa ketentuan yang berlaku di bawah ini :

1. Setiap buku pasti dilengkapi degan pembatas halaman. Baik pembatas bawaan dari buku tersebut atau pembatas lain yang disediakan. Untuk itu diharapkan jangan melipat halaman buku.

2. Setiap buku diketahui detail keadaanya sebelum pindah tangan ke peminjam, untuk itu harap dijaga dengan baik, tidak basah, dicoret-coret, halaman buku rusak, kotor dsb.

3. Satu buku diberi waktu masa pinjam 14 hari, 2-3 buku selama 1 bulan.

4. Jaga buku baik-baik jangan sampai hilang, jika hilang atau sampai rusak yang tidak bisa ditolelir harus diganti dengan buku yang sama tidak menerima penggantian dalam bentuk lain. Dan mohon maaf nama peminjam secara otomatis masuk 'daftar hitam' yang tidak diperbolehkan meminjam buku lagi.

5. Untuk yang pengiriman via ekspedisi free ongkir, tapi tidak di ganti uang ongkir untuk pengembalian buku.

6. Boleh dipinjamkan ke orang lain dengan syarat ketentuan di atas berlaku sama, info terlebih dahulu dan masa peminjaman tidak bertambah.

7. Selamat membaca.


So, saya akan menyambut baik jika ada yang ingin meminjam buku. Besar harapan saya semoga SAUNG ALIF ini menjadi manfaat untuk banyak orang. Terlebih untuk keluarga kecil saya nantinya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jejakmu akan sangat berarti dan tak akan pernah sia-sia :)